Bawaslu Singkawang Temukan 82 Pemilih di DPTHP-2

Selain itu, Bawaslu Kota Singkawang merekomendasikan hasil posko pengaduan daftar pemilih yaitu sebanyak 12 pemilih yang terdaftar dalam DPTHP-2

Bawaslu Singkawang Temukan 82 Pemilih di DPTHP-2
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / RIZKY PRABOWO RAHINO
Divisi Penindakan dan Pelanggaran Panwaslu Kota Singkawang, Hendra Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Bawaslu Kota Singkawang, Hendra Kurniawan mengatakan dari hasil pengawasan lewat pencermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Ke-2 (DPTHP-2), Bawaslu Kota Singkawang menemukan sebanyak 82 daftar pemilih yang diduga ganda.

"Temuan tersebut kemudian direkomendasikan kepada KPU Kota Singkawang sebagai saran perbaikan untuk dilakukan pengecekan ulang," katanya, Rabu (19/12/2018).

Baca: KPU Singkawang Sebut Penyebab Adanya Data Pemilih Ganda

Baca: KPU Ketapang : Tidak Ada Lagi Perbaikan DPT Ganda

Selain itu, Bawaslu Kota Singkawang merekomendasikan hasil posko pengaduan daftar pemilih yaitu sebanyak 12 pemilih yang terdaftar dalam DPTHP-2 telah meninggal dunia dan sebanyak 3 pemilih yang pindah masuk ke Kota Singkawang belum terdafatar dalam DPTHP-2.

KPU Kota Singkawang segera menindaklanjuti saran perbaikan dari Bawaslu Kota Singkawang dengan hasil yaitu, dari 82 yang diduga ganda, sebanyak 34 dinyatakan bukan ganda.

Jadi terdapat sebanyak 48 yang dianggap ganda yang ditindaklanjuti oleh KPU Kota Singkawang dengan mempertahankan sebanyak 24 pemilih dan 24 pemilih lainnya dihapus.

Pemilih yang telah meninggal dunia sebanyak 12 pemilih juga telah dihapus oleh KPU Kota Singkawang, dan untuk 3 pemilih yang pindah masuk ke Kota Singkawang juga sudah dimasukkan ke dalam DPTHP-2.

KPU Kota Singkawang sangat kooperatif dengan Bawaslu Kota Singkawang karena dapat menindaklanjuti dengan segera saran perbaikan dari hasil pengawasan Bawaslu Kota Singkawang.

"KPU Kota Singkawang juga sudah bekerja dengan maksimal dalam usaha menyempurnakan daftar pemilih dengan terus berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu Disdukcapil Kota Singkawang," tutur Hendra.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved