Cara Mudah dan Cepat Hafal Alquran, Kurang dari Setahun Sudah Bisa Hafal 5 Juz

Menghafal Alquran yang membutuhkan konsentrasi dan daya ingat tinggi, akan membuat siswa peserta terbiasa berkonsentrasi.

Cara Mudah dan Cepat Hafal Alquran, Kurang dari Setahun Sudah Bisa Hafal 5 Juz
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISHAK
Sejumlah pelajar MAN 2 Pontianak tengah menyetor hafalan Alquran kepada guru pembimbing, Selasa (27/02/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Cerdas berakhlak mulia. Kalimat ini agaknya tepat menggambarkan bagaimana Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pontianak membentuk karakter peserta didiknya.

Hal ini terlihat dari program-program unggulan yang dikembangkan sekolah menengah atas agama Islam di Jalan A Yani Pontianak ini.  Selain kembangkan bakat dan minat siswa di bidang science, juga disediakan program hafalan Alquran bagi siswa.

"Anak-anak yang terbiasa menghafal Quran, akan terbiasa menghafal pelajaran lainnya. Jadi ini juga akan sangat membantu anak-anak dalam belajar ilmu-ilmu lainnya,"  ujar guru pembimbing program Habibun wa Sohibun Quran (Hasan) MAN 2 Pontianak, Hj Indasyah MPd.i, Selasa (27/02/2018).

Baca: Tingkatkan Kompetensi Keilmuan, Siswa MAN 2 Sukses Ukir Prestasi Hingga Tingkat Nasional

Menghafal Alquran yang membutuhkan konsentrasi dan daya ingat tinggi, akan membuat siswa peserta terbiasa berkonsentrasi pula dalam melahap mata pelajaran lainnya. Daya ingat juga akan lebih optimal, bahkan terhadap materi di luar hafalan Alquran.

Selain itu, ada alasan lain kenapa program hafidz Quran ini dibuat pihak sekolah. Katanya, saat ini hampir semua perguruan tinggi nasional sediakan jalur khusus penerimaan mahasiswa dari para penghafal Alquran.

"Bahkan Untan, yang universitas umum saja sudah ada jalur tahfidz (penghafal Alquran). Termasuk juga di IAIN, dan sejumlah perguruan tinggi ternama nasional lainnya," sambungnya.

Minat siswa terhadap ekstrakulikuler satu inipun disebutnya sangat baik. Setidaknya tercatat lebih dari 250 siswa MAN 2 Pontianak bergabung dalam program ini.

Waktu setor hafalan hanya 45 menit setiap pekan, ternyata mampu berikan hasil yang cukup baik berkat sistem dan mekanisme efektif. Siswa, dapat menyetor hafalan dalam bentuk rekaman audio di WhatsApp Grup atau WAG's.

Halaman
12
Penulis: Ishak
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved