Basis Integrasi Data Umat Keuskupan Agung Pontianak Mempermudah Pelayanan Pastoral

Perlu diketahui bahwa BIDUK KAP adalah kepanjangan dari Basis Integrasi Data Umat Keuskupan Agung Pontianak.

Basis Integrasi Data Umat Keuskupan Agung Pontianak Mempermudah Pelayanan Pastoral
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Mgr Agustinus Agus foto bersama usai memberikan arahannya kepada para pastor paroki se-Keuskupan Agung Pontianak terkait Program Pendataan umat Berbasis Online, Selasa (16/4/2019) di Wisma Immaculata SFIC Pontianak. 

Basis Integrasi Data Umat Keuskupan Agung Pontianak Mempermudah Pelayanan Pastoral

Citizen Reporter Komsos Keuskupan Agung Pontianak, Samuel

SINGKAWANG - Belum lama ini, Keuskupan Agung Pontianak telah meluncurkan Program Basis Integritas Data Umat Keuskupan Agung Pontianak alias BIDUK KAP yang tertanggal 22 November 2018 tahun lalu pas bertepatan pada peristiwa ulang tahun Mgr. Agustinus Agus Uskup Agung Pontianak yang ke-69 di Persekolahan Katolik Nyarumkop.

Mungkin terlebih khususnya Umat Keuskupan Agung Pontianak masih binggung atau bahkan tidak tahu apasih Program BIDUK KAP itu sendiri?

Perlu diketahui bahwa BIDUK KAP adalah kepanjangan dari Basis Integrasi Data Umat Keuskupan Agung Pontianak.

Data Integration atau integrasi data merupakan proses menggabungkan atau menyatukan dua atau lebih sebuah data dari berbagai sumber database yang berbeda ke dalam sebuah penyimpanan seperti gudang data (data warehouse).

Baca: Komisi Informasi Kalbar Nilai Balitbang Kalbar Semangat Berikan Layanan Informasi

Baca: Viral Foto Motor Polisi Ganjal Truk Kontainer yang Alami Rem Blong di Jembatan Kapuas 2

Baca: Fakta-fakta & Kronologi Ayah Tiri di Kalbar Habisi Anaknya Seusai Persetubuhan Terlarang

Dalam hal ini, semua umat yang mengisi data yang dibagikan oleh petugas paroki dalam pengumpulan data umat merupakan bentuk jalannya program BIDUK KAP.

Dengan berjalan suksesnya program ini, tentunya pihak Keuskupan Agung Pontianak baik itu dari Paroki-paroki dan pihak Keuskupan sendiri akan dipermudah untuk mencari data terkait berapa jumlah umat yang ada di stasi di wilayah paroki tertentu.

Mgr. Agustinu Agus mengatakan bahwa, dengan suksesnya progam ini, ia menyampaikan akan “banyak kemudahan yang kita dapat terutama untuk Keuskupan Agung Pontianak dalam tugas pelayanan Pastoral,”ujarnya.

“Misalnya, Keuskupan Agung Pontianak, akan mengadakan pertemuan Orang Muda Katolik khusus remaja yang berusia 17-25 tahun yang akan diadakan di wilayah Kubu Raya, maka dengan Basis Data yang ada, pihak Keuskupan Agung Pontianak bisa mengestimasi banyaknya jumlah orang muda Katolik remaja ada berkisar berapa orang,” ujar Uskup Agus (2 April 2019).

Halaman
123
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved