Jaksa Bisa Tolak, Bila TP4D Hanya Jadi Tempat Perlindungan

Terkait warning dari Gubernur Kalbar H. Sutarmidji terhadap 24 Pejabat di Lingkungan Pemprov Kalbar

Jaksa Bisa Tolak, Bila TP4D Hanya Jadi Tempat Perlindungan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kasi Penkum Kejati Kalbar - Pantja EK 

Jaksa Bisa Tolak, Bila TP4D Hanya Jadi Tempat Perlindungan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Terkait warning dari Gubernur Kalbar H. Sutarmidji terhadap 24 Pejabat di Lingkungan Pemprov Kalbar yang dilantik untuk tidak ada penyimpangan dalam penggunaan anggaran Provinsi.

Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) Kejaksaan Tinggi Kalbar Pantja Edy Kurniawan menuturkan di Kejaksaan terdapat ada dua pintu masuk untuk pendampingan dan pendapat hukum.

"Hal itu bisa melalui yang ada bidang Datun dan TP4D yakni Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pem‎bangunan Daerah,"kata Pantja pada Senin (14/1).

Baca: Akibat Hujan Deras, Pasar Bodok di Landa Banjir

Baca: Cara Vote Rising Star Indonesia: Mulai Voting saat Rising Star Berlangsung Live RCTI & Youtube

"Kalau di Datun yakni Pendapat Hukum dan Pendampingan Hukum yang di awali adanya MoU dengan Kejati dari lembaga atau instansi,"kata Kasi Penkum Kejati Kalbar

‎Lanjutnya, kalau untuk TP4D itu harus di awali dengan adanya permohonan dari instansi pemerintahan, yang nantinya akan di lakukan kajian

"Kita bisa tolak, karena kita tidak mau adanya pekerjaan proyek itu di minta adanya TP4D, itu hanya tempat perlindungan,"katanya.

Selain itu, masyarakat juga bisa melapor jika ada temuan penyimpangan, yang mekanismenya lapor ke Intel yang dilengkapi dengan data yang jelas.

"Data lengkap itu, seperti foto, jenis proyek dan pelanggarannnya dan ada saksinya, 7 hari data masuk akan di tindak lanjuti, di lakukan penyelidikan di lapangan, dari waktu 7 hari bisa di perpanjang, bisa lokasi yang di tuju itu akses yang di tempu jauh"kata Pantja.

Selanjutnya, untuk naik status dari penyelidikan ke penyidikan itu nanti dari bidang Pidana Khusus (Pidsus) yang melakukan analisa.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved