Pontianak Wiki

TRIBUN WIKI: Q&A Bareng Rini, Ini Loh Tips Sukses Tembus Beasiswa LPDP

Dengan kita berburu beasiswa yang mana beasiswa itu juga diburu oleh ribuan orang, itu menjadi tantangan tersendiri.

TRIBUN WIKI: Q&A Bareng Rini, Ini Loh Tips Sukses Tembus Beasiswa LPDP
ISTIMEWA/ MARINI
Marini, Awardee LPDP 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Usai menyandang gelar S.Sos di kampus Fisip Universitas Tanjungpura Pontianak, sobat kita satu ini sekarang tengah menempuh pendidikan di program Pascasarjana Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSDK) Fisipol UGM Yogyakarta. Namanya, Marini, atau biasa dipanggil Rini.

Baca: TRIBUN WIKI : Pantang Menyerah 118 Kali Ditolak, Yudha Raih Beasiswa 3 Negara

Nah, berikut Q & A (Question and Answer) antara  www.tribunpontianak.co.id dan sobat kita, Marini :

Tribun (T)
Rini (R)

T : Sebenarnya, apa sih alasan mendasar kenapa Mahaisiswa itu harus mencoba untuk berburu beasiswa ?

R : Tantangan sih. Dengan kita berburu beasiswa yang mana beasiswa itu juga diburu oleh ribuan orang, itu menjadi tantangan tersendiri.
Bagaimana kita bisa bersaing dengan ribuan orang untuk dapetin beasiswa itu. Selain itu melatih kita untuk menjadi pribadi pembelajar karena syarat beasiswa itu kan banyak ya yang harus kita penuhin.  Di antaranya persiapan bahasa, karya pengabdian yang udh kita lakukan dan lain sebagainya. Pemburu beasiswa secara gak langsung belajar proses kehidupan yg akan membuat dia menjadi tangguh mampu bersaing dengan yang lainnya.

T : Keran - keran beasiswa banyak gak sih yang bisa diburu ?

R : Beasiswa banyak banget jika kita mencarinya.  Baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri, beasiswa swasta perusahaan BUMN, beasiswa hibah dan lain sebagainya. Tinggal kita mau gak mencari infonya.  Kebanyakn beasiswa diperuntukkan bagi mahasiswa yang aktif dalam masyarakat atau organisasi, so semasa kuliah kurangi study oriented. Keluarlah, bergabunglah bersama komunitas organisasi karena di sana kita belajar tentang kehidupan dan berbagi.

T : Kenapa Rini lebih memilih beasiswa LPDP ?. Kalau boleh tahu, apa keunggulannya ?

R : Saya pilih beasiswa LPDP karena memang dari awal saya tertarik dengan beasiswa ini. Saya  pelajari bagaimana beasiswanya,mekanisme pendaftaran, syarat-syarat ,track record alumninya, kesempatan-kesempatan yang kemungkinan didapatkan saat menajdi awardee LPDP. Itu semua saya pelajari. Kesimpulannya, LPDP beasiswa yang tepat. Bukan hanya memberikan kesempatan kuliah, tetapi soft skill berupa pelatihan dan lain sebagainya.

Baca: Kabar Terbaru Beasiswa Bidikmisi di Tahun 2019, Ada Kenaikan Kuota

Saat studi dikampus masing-masing kita gak hanya fokus pada studi saja, tetapi kita juga ada kegiatan sosial, pengabdian keakraban dan lainnya. Setelah lulus kuliah juga kita masih dipantau apa yg kita lakukan. Kerja dimana atau aktif di mana saja. Yang terpenting dari itu semua kita punya jaringan ribuan awardee maupun alumni LPDP dunia yang memperkaya keilmuwan pengalaman kita.

Halaman
12
Penulis: Ishak
Editor: Dian Lestari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved