Sepasang Gading Gajah Purba Berumur 1,5 Juta Tahun Ditemukan di Majalengka

Semua hancuran fosil tersebut dibawa ke Lab. Paleontologi ITB, lalu dibawa ke Museum Geologi Bandung untuk restorasi dan rekonstruksi.

Sepasang Gading Gajah Purba Berumur 1,5 Juta Tahun Ditemukan di Majalengka
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Peneliti ITB tampak tengah berfoto disamping penemuan fosil gading stegodon berumur plestosen awal atau sekitar 1,5 juta tahun lalu (Dokumentasi Peneliti ITB) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Fosil berupa sepasang gading stegodon berumur plestosen awal atau sekitar 1,5 juta tahun lalu, ditemukan Tim Laboratorium Paleontologi Institut Teknologi Bandung ( ITB) di Majalengka, Jawa Barat.

Ukuran fosil gading yang ditemukan memiliki panjang lurus dari ujung ke ujung gading 3,30 meter, sedangkan panjang lengkung 3,60 meter.

Temuan ini merupakan hasil kerja tim yang terdiri atas Prof.Dr. Jahdi Zaim (Kepala Lab Paleontologi), Dr. Yan Rizal (dosen), Dr. Aswan (dosen), Dr. Mika R. Puspaningrum (dosen), bersama dengan Wahyu D. Santoso, ST.MT (asisten akademik), Nur Rochim,SAP (teknisi), dan Agus T. Hascaryo, ST. SSi. MT (mahasiswa S3) dan tenaga lokal dari desa di Majalengka.

Baca: LIVE BOLA Streaming Malaysia Vs Vietnam, Final Piala AFF 2018 Leg Pertama LIVE Malam Ini

Baca: Ibu Muda Ditemukan Meninggal di Kamar Mandi Usai Konsumsi Kokain

Penemuan ini termasuk yang terbesar sepanjang 2018 di Indonesia oleh tim laboratorium dari KK Paleontologi dan Geologi Kuarter, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB.

Ketua Lab Paleontologi ITB, Prof. Jahdi Zaim mengatakan, penemuan gading ini sebetulnya sudah lebih dari 5 tahun lalu. Penemuan itu bukan hanya sebatas stegodon saja tapi juga fosil vertebrata.

Hanya saja, fosil gading stegodon ini didapatkan melalui proses yang cukup panjang. Cuaca buruk dan banjir bandang sempat menjadi halangan, sebab lokasi ditemukan berada di dekat aliran sungai.

Baca: Tepuk Tangan Meriah di Polandia Saat Dengar Kisah Sukses Warga Kalbar Bertani Tanpa Bakar Gambut

Baca: Kelakukan Tak Lazim Biduan, Gendong Pengantin Pria di Pelaminan Sambil Nyanyi, Videonya Viral!

"Selain itu juga ada buaya, dan tumbuh-tumbuhan purba. Awalnya fosil itu terlihat hanya kecil yang terus terang sempat kecewa karena sudah jauh-jauh datang akan tetapi temuannya terlihat rusak dan kecil.  Akan tetapi setelah tekun melakukan ekskavasi ternyata gading tersebut luar biasa," ungkapnya dikutip di laman ITB.

Pihaknya belum bisa menyebutkan secara detil lokasi penemuan itu, karena masih dalam penelitian. Bahkan kemungkinan temuan fosil lainnya pun kemungkinan bisa terjadi, termasuk tengkorak stegodon tersebut.

"Temuan ini sangat spektakuler untuk ITB, untuk Geologi, dan lab kami, dan ini merupakan temuan gading di tahun 2018 terbesar di Indonesia," ujarnya.

Penemuan ini berawal dari informasi penduduk setempat bahwa di salah satu bagian tepi sungai ditemukan fosil yang seperti gading. Setelah digali lebih dalam, didapatkanlah dua pasang fosil tersebut.

Halaman
123
Editor: Dhita Mutiasari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved