Hampir Setahun Tak Terima Gaji, TKW Asal Sompak Kabur Dari Majikan

Deportasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang digelar di Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Jumat (7/12/2018) mengungkap kisah pilu TKI

Hampir Setahun Tak Terima Gaji, TKW Asal Sompak Kabur Dari Majikan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Salah satu TKW yang di Deportasi Dinas Sosial, Veronica. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ya' M Nurul Anshory

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Deportasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang digelar di Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Jumat (7/12/2018) mengungkap kisah pilu yang di alami Tenaga Kerja Wanita asal Sompak, Kabupaten Landak, bernama Veronica.

Nekat kabur dari majikannya di Malaysia setelah bekerja selama sembilan bulan tanpa digaji.

Veronica awalnya bekerja di Malaysia dengan maksud ingin memperbaiki perekonimian keluarga namun malang yang di dapat, ia harus bekerja tanpa digaji sepeserpun selama sembilan bulan.

Veronica menceritakan bahwa ia bekerja dengan bos, menjaga kedai makan. Dengan surat- surat dan dokumen lengkap.

Baca: Imbas Penangkapan Bos Huawei Bagi Indonesia, Ekonom Samuel Jelaskan 2 Kemungkinan

"Surat-surat saya lengkap, cuman karna tidak digaji selama sembilan bulan saya kabur, dan mengadu ke konsulat” ucap Veronica sambil mengela napas panjang.

Veronica seringkali meminta hak nya sebagai pekerja, namun majikanya hanya memberikan janji- janji. Ia pun mengungkapkan tidak hanya ia masih ada dua orang rekanya yang juga kabur.

“ Selain saya ada dua teman lagi yang juga kabur, karna dia minta gaji sama toke untuk kirim anaknya sakit namun tetap gak dikasi “ ujar Veronica pada tribunpontianak.co.id

Meski mendapat pengalaman tidak beruntung namun Veronica tetap ingin kembali ke Malaysia untuk bekerja karena menilai gaji disana lebih tinggi dibanding bekerja di negeri sendiri.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved