Peduli Kebersihan Lingkungan Sekolah Itu Penting Bagi Siswa Loh

Sebagai institusi pendidikan, sekolah tidak hanya sebatas menimba ilmu dari mata pelajaran loh.

Peduli Kebersihan Lingkungan Sekolah Itu Penting Bagi Siswa Loh
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Duta Lingkungan Hidup SMA Islamiyyah Pontianak, Ade Mesti Anugrah. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

Baca: Asyiknya Punya Teman Mahasiswa Asing dari Luar Negeri

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebagai institusi pendidikan, sekolah tidak hanya sebatas menimba ilmu dari mata pelajaran loh.

Tapi juga 'inkobator' menempa diri dengan semangat dan nilai-nilai positif hingga menjadi manusia paripurna dengan mental yang positif pula.

Dengan demikian, semua aktivitas yang kita lakukan di sekolah semestinya bermuara pada konsep tersebut. Contoh sederhananya adalah saat menunaikan tugas piket kelas, ataupun 'berkotor-kotor' ria lewat kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.

Hal ini tentunya beralasan loh kawan-kawan sekalian. Kebersihan lingkungan sekolah, tidak hanya sekadar menjadi tugas cleaning service saja, tapi juga setiap siswa di sekolah tersebut.

"Sekolah adalah rumah kedua kita. Hampir seharian kita menghabiskan waktu di sekolah untuk belajar dan bermain dengan teman. Untuk itu, penting bagi kita menjaga agar lingkungan sekolah kita tetap sehat," nilai Ade Mesti Anugrah, Sabtu (13/10/2018).

Siswi yang juga Duta Lingkungan Hidup SMA Islamiyyah Pontianak itu menilai, lingkungan sekolah yang bersih dan asri bisa membawa banyak manfaat bagi siswa selama bersekolah sehari-harinya. Selain lebih sehat, juga bisa membuat suasana sekolah nyaman dan membuat kerasan atau betah saat berada di sekolah.

Karena itu, sebenarnya tidak ada alasan loh seroang siswa enggan atau ogah-ogahan mengerjakan tugas piket kebersihan kelas. Atau terjun dalam kegiatan kerja bakti yang sesekali mungkin digagas pihak sekolah.

Apalagi, menjalankan semua peran itu akan menjadi sarana menanamkan mental positif dalam diri siswa itu sendiri loh. Menjadi pribadi yang lebih bertanggungjawab, cinta lingkungan, peduli dengan lingkungan dan sosial sekitarnya, serta peduli dan aktif berkontribusi bagi kebaikan sesama.

So, jangan enggan atau ogah-ogahan lagi ya guys nuntasin tugas piket kelasnya. Singsingkan juga lengan baju, kerahkan tenaga bekerjasama dengan rekan-rekan lainnya kalau kegiatan kerja bakti membersihkan sekolah diadakan ya guys.

Penulis: Ishak
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved