Asyiknya Punya Teman Mahasiswa Asing dari Luar Negeri

Setiap diri kita sejatinya adalah 'warga dunia'. Dalam dunia global yang serba digital seperti saat ini, pergaulan global

Asyiknya Punya Teman Mahasiswa Asing dari Luar Negeri
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Anggota International Association of Students in Economic and Commercial Sciences - AIESEC Untan, Belinda Monalisa I'in. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Setiap diri kita sejatinya adalah 'warga dunia'. Dalam dunia global yang serba digital seperti saat ini, pergaulan global tentunya bukan lagi satu hal yang istimewa.

Berbagai perkembangan teknologi, membuat dunia bak tanpa batas, borderless. Setiap orang bisa mengakses dengan mudah perkembangan dari berbagai belahan dunia, termasuk dalam dunia pendidikan.

Hal tersebut pun memungkinkan setiap mahasiswa membangun koneksi lintas negara dengan begitu mudahnya. Dengan kata lain, lingkungan pergaulan menjadi lebih luas.

Baca: Tanggapi Pembangunan Jembatan Landak II, Ini Kata Warga

Tak sebatas hanya teman-teman kuliah di satu kampus saja. Namun juga sangat memungkinkan bergaul dengan insan akademis, sesama penuntut ilmu di perguruan tinggi seantero dunia.

"(Membangun jaringan dan pertemanan dengan mahasiswa asing dari perguruan tinggi luar negeri) ini sih bukan mungkin lagi, tapi pasti. Asal mau membuka diri aja dengan koneksi luar dan pastinya mau gali info lebih giat," nilai Anggota International Association of Students in Economic and Commercial Sciences - AIESEC Untan, Belinda Monalisa I'in, Sabtu (13/10/2018).

Gadis yang juga mahasiswa Fakultas MIPA Untan ini menuturkan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan berteman dengan mahasiswa overseas ini. Baik dalam konteks personal maupun dalam membangun jaringan untuk studi planning ke depan sampai perkembangan di satu negara.

"Kita bisa berteman sekaligus belajar bahasa Inggris atau bahasa dari asal negara teman kita itu. Selain itu kita juga bisa tau loh apa aja sih dan gimana sih perkembangan di negara mereka, bertukar pikiran," lanjutnya.

Ia sendiri mengaku punya lebih dari 100 orang. Banyak dari koleganya itu, kerap bertukar kabar dan bincang-bincang dalam banyak hal dengannya.

Bagaimana dengan kamu?. Tertarik membangun persahabatan dengan mahasiswa asing dari kampus luar negeri?.

Penulis: Ishak
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved