Ketua AJI Pontianak Dukung Wacana Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Khusus Wartawan

Kalau wacana itu direalisasikan, tapi pada dasarnya upaya ini tidak boleh menyalahi aturan,

Ketua AJI Pontianak Dukung Wacana Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Khusus Wartawan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FILE
Ketua AJI Pontianak, Dian Lestari 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua AJI Pontianak, Dian Lestari, mengaku bersyukur jika ada wacana kebijakan khusus dari Komisi Informasi (KI) agar Wartawan memperoleh kemudahan saat mengakses informasi publik. 

"Kalau wacana itu direalisasikan, tapi pada dasarnya upaya ini tidak boleh menyalahi aturan," kata Dian. 

Hal yang dimaksud oleh Dian, dalam hal ini adalah mengenai perdebatan panjang tentang konsep data-data yang boleh dibuka atau yang menyangkut rahasia negara.

Baca: Seorang Suami Tikam Istri Hingga Tewas. Dua Anak Korban Alami Luka Gores

Hingga saat ini, rahasia yang mengancam negara ini masih diperdebatkan, sehingga dilapangan tidak menutup kemungkinan akan ada akses yang ditutup dengan alasan apakah masuk dalam dokumen rahasia negara atau bukan. 

Selain mempertimbangkan hal diatas, menurut Dian, jika merunut pada konsep kebebasan pers, tentu upaya untuk memberikan kemudahan bagi Wartawan dalam mengakses informasi publik itu sangat sejalan dan sangat mendukung kerja-kerja Jurnalistik. 

Seperti yang kita ketahui, Wartawan bekerja untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, dimana informasi tersebut memberikan dampak langsung kepada masyarakat terutama untuk pelayanan publik. 

Baca: Pelayanan Alat Bantu Kesehatan Yang Dijamin BPJS Kesehatan

Sehingga diharapkan, ada keterbukaan informasi bagi khalayak yang lebih luas melalui media masa dan hal itu harus didukung oleh Komisi Informasi, melalui kebijakan khusus. 

Karena tidak bisa disamakan, jika yang mengajukan permintaan itu adalah organisasi atau lembaga yang tidak untuk dipublikasikan melalu media masa, maka informasi itu tidak untuk dinikmati banyak orang. 

Senada dengan Dian, Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalbar Syarif Muhammad Herry, juga menyatakan hal yang sama. 

"Pada prinsipnya, KI Kalbar juga mendukung upaya tersebut agar dapat terwujud. Karena kita tahu, para wartawan sangat membutuhkan info yang cepat, akurat dan mudah," kata Herry.

Penulis: Bella
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help