Berita Video

Masih Ingat Penderita Obesitas Ekstrem, Arya Permana, Begini Kondisi Badannya Sekarang

Arya juga semakin sering sumringah. Dia memang gemar berkelakar. Tak heran, dia pun memiliki banyak teman.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bocah yang pernah dinobatkan sebagai anak paling gemuk di dunia asal Karawang, Jawa Barat,  Arya Permana berhasil menurunkan berat badannya hingga 83 kilogram.

Melansir Kompas.com pada Selasa (24/7/2018), Arya kini sudah bisa beraktivitas seperti biasa dan melakukan hal-hal yang dulu tak bisa dia lakukan saat berat badannya mencapai 192 kilogram.

Bocah yang kini duduk di kelas VI SDN Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, Karawang, itu kini sudah kuat berjalan sejauh 2 kilometer.

Dia juga sudah bisa mengendarai sepeda motor. Arya juga semakin sering sumringah. Dia memang gemar berkelakar. Tak heran, dia pun memiliki banyak teman.

Baca: Minta Masyarakat Mengawasi, Sutarmidji Akan Blak-blakan Soal Anggaran Pemerintah Provinsi

Baca: Cabuli Pacar yang masih Bawah Umur, Satpam Ditangkap Polisi

Apa rahasianya? "Mengurangi porsi makan dan minuman atau makanan manis," kata Arya sambil tersenyum.

Di balik ceria Arya saat ini, ada cerita kegigihan kedua orangtuanya dan tim medis. Ade Somantri, ayah Arya, lalu menuturkan perjalanan panjang putranya.

Anaknya dibiasakan mengurangi porsi makan. Hingga kemudian, Arya menjalani operasi penyempitan lambung di RS Omni Alam Sutera, Tangerang, pada April 2017 lalu. "Lambungnya hanya disisakan 30 persen dari ukuran semula," ujarnya.

Ade pun tak henti-hentinya mengucap syukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya, mulai dari publik figur hingga masyarakat Karawang.

"Sebagai orangtua, kami pasti bersyukur. Tidak ada yang lebih penting selain buah hati kami," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, melihat Arya memendam banyak cita-cita. Bocah yang menggemari pelajaran IPA itu bercita-cita menjadi pilot, juga pemain sepak bola.

Baca: Agar Tak Rugi saat Harga Naik, Warteg dan Pedagang Nasi Goreng Beli Telur Pecah

Halaman
12
Editor: Jamadin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved