11 Desa di Batu Ampar Masih Belum Cairkan Dana Desa Tahap I

Menurut camat Batu Ampar Junaidi menyebutkan, di wilayahnya, masih ada 11 desa dari 15 desa, yang belum melakukan pencairan dana desa tahap 1.

11 Desa di Batu Ampar Masih Belum Cairkan Dana Desa Tahap I
manado.tribunnews.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunpontianak : Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Masalah belum cairnya dana desa di sejumlah desa di Kubu Raya menjadi atensi Pemerintah Daerah maupun perangkat di kecamatan.

Menurut camat Batu Ampar Junaidi menyebutkan, di wilayahnya, masih ada 11 desa dari 15 desa, yang belum melakukan pencairan dana desa tahap 1.

"Untuk kecamatan Batu Ampar, baru empat desa yang sudah melakukan pencairan. Diantaranya Desa Nipah Panjang, Sumber Agung, Kerawang dan Desa Padang Tikar II," ujarnya.

Menurut Junaidi, 11 desa yang belum merealisasikan pencairan Dana Desa tahap 1 masih dalam kategori wajar, karena penyerahan pagu dana dari Pemdes pun relatif terlambat. Namun ia memastikan pertengahan Juli ini pencairan sudah dapat dilakukan.

Baca: Tarif Pajak Pelaku UMKM Turun, DJP Kalbar Harap Kesadaran Membayar Pajak Meningkat

"Pagu dana baru di serahkan Pemdes di bulan Juni, karena itu, mereka pun baru melakukan proses administrasi di bulan Juli untuk proses pencairan. Mereka sudah melengkapi berkas untuk pencairan tinggal melakukan pencairan, pertengahan Juli ini," katanya.

Ia berharap, kedepan, keterlambatan pencairan dana desa tidak boleh lagi terjadi. Karena itu ia menyarankan agat setiap desa ada tim kerja yang ditempatkan Pemdes untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di desa.

"Jadi, tim ini terdiri dari kecamatan, dinas, bagian hukum dan lainnya, tim ini langsung turun ke setiap desa untuk membantu mengatasi desa yang terkendala dengan administrasinya," tuturnya.

Sementara itu Pj Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo mengatakan untuk percepatan pencairan Dana Desa Tahap 1, pihaknya telah membentuk tim untuk memapping persoalan yang menghambat desa melakukan pencairan DD dan ADD tahap 1 ini.

"Untuk melakukan upaya percepatan penyaluran DD ADD tahap 1, maka kita bentuk tim yang melibatkan Pemdes dan pihak kecamatan untuk mengetahui letak permasalahannya," katanya.

Sehingga melalui tim yang di bentuk dapat membantu desa menyelesaikan persoalan-persoalan terkait dengan hal-hal yang menghambar proses pencairan Dana Desa tersebut.

"Mudah-mudahan kita bisa menyelesaikan masalah nya, sehingga pencairan DD bisa segera di tuntaskan, di pertengahan Juli ini. Hingga saat ini pencairan DD dan ADD masih mencapai 50 persen, dimana arusnya pencairan DD dan ADD tahap 1 tersebut sudah harus lebih dari itu," tutupnya

Penulis: Try Juliansyah
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved