Ramadan 1439 H

Puncak Arus Mudik di PLBN Aruk Terpantau Pada H-5 Lebaran, Berikut Data Lengkap Sejak H-7 hingga H-4

Pada pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB, didominasi pelintas masuk menggunakan kendaraan roda dua ojek.

Puncak Arus Mudik di PLBN Aruk Terpantau Pada H-5 Lebaran, Berikut Data Lengkap Sejak H-7 hingga H-4
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Kolase arus mudik pelintas, baik WNI mau pun Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mudik melalui pintu border PLBN Aruk. Puncak arus mudik di kawasan gerbang perbatasan Republik Indonesia-Malaysia ini terjadi pada H-5 lebaran, Minggu (10/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kasat Lantas Polres Sambas, AKP Aditya Octorio Putra mengungkapkan, puncak arus mudik pelintas, baik WNI mau pun Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mudik melalui pintu border PLBN Aruk, terjadi pada H-5 lebaran, Minggu (10/6/2018).

"Dari data yang kami peroleh, terlihat jumlah pelintas dari Malaysia yang masuk ke wilayah Republik Indonesia, puncaknya pada hari Minggu (10/6/2018) kemarin atau pada H-5, dan tren jumlah pelintas ini diperkirakan akan terus menurun hingga H-1, ini terlihat dari jumlah pelintas yang masuk pada H-4, Senin (11/6) mulai menurun," ungkapnya, Selasa (12/6/2018).

Berikut data situasi Kamseltibcarlantas wilayah hukum Polres Sambas di PLBN Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, pada H-4 lebaran, Senin (11/6/2018).

(Baca: Kasatlantas Pastikan Lalu Lintas Teluk-Batang Sukadana Lancar )

Akomodasi yang terlihat beroperasi yakni kendaraan roda dua milik ojek yang beroperasi di lokasi, dan kendaraan roda empat milik travel, penjemput maupun pengantar.

"Situasi yang terjadi, volume pelintas (orang) keluar masuk ada peningkatan," jelasnya.

Lanjut AKP Aditya, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya dari Kepala Pos Imigrasi PLBN Aruk, Daryanto dan personel Imigrasi yang bertugas di PLBN Aruk.

Pada pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB, didominasi pelintas masuk menggunakan kendaraan roda dua ojek.

"Jumlah pelintas pada H-4, yang masuk (kedatangan) dari Malaysia ke Indonesia sebanyak 995 orang, dan jumlah pelintas yang keluar (keberangkatan) dari Indonesia ke Malaysia) sebanyak 176 orang," paparnya.

Kemudian, data sehari sebelumnya yakni pada H-5, Minggu (10/6), menunjukkan jumlah pelintas yang lebih tinggi dibandingkan sehari sebelumnya mau pun sehari setelahnya.

(Baca: 5 Fakta Kazan, Kota Mayoritas Muslim di Rusia yang Jadi Penyelenggara Piala Dunia 2018 )

Halaman
12
Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help