Tabung Gas LPG 3 Kilogram Langka dan Mahal di Putussibau, Rp 30 Ribu Per Tabung

Kasihan masyarakat yang akan merayakan hari raya idul Fitri, kalau sampai gas elpiji tak ada yang menjual dan mahal lagi

Tabung Gas LPG 3 Kilogram Langka dan Mahal di Putussibau, Rp 30 Ribu Per Tabung
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID /FILE
Tabung Gas 3 Kilogram 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, warga Putussibau mengeluh harga tabung gas LPG 3 kilogram langka, dan harganya hingga mencapai Rp28 ribu-Rp30 ribu. Padahal harga normal adalah Rp25 ribu per tabung.

Salah satu warga Putussibau Juliana menyatakan, kemarin dirinya kehabisan tabung gas elpiji 3 kilogram, hampir semua tokoh di Putussibau dicari siapa yang berjualan LPG.

"Alhamdulillah, akhirnya dapat tabung elpiji 3 kilogram, tapi harganya Rp30 ribu per tabung. Padahal harga normal adalah Rp25 ribu per tabung. Mau tak mau harus dibeli karena sudah menjadi kebutuhan ibu rumah tangga," ujarnya, Senin (11/6/2018).

(Baca: 10 Gaya Hidup Ala Cewek Jepang Ini yang Bikin Terus Langsing dan Awet Muda )

Ibu rumah tangga dan dua anak ini berharap, Pemerintah Daerah Kapuas Hulu untuk segera mengatasi persoalan kelangkaan gas elpiji.

"Kasihan masyarakat yang akan merayakan hari raya idul Fitri, kalau sampai gas elpiji tak ada yang menjual dan mahal lagi," ungkapnya.

Warga Putussibau lainnya yaitu Nursiah menyatakan, beberapa hari kemarin tabung gas elpiji langka dan mahal mencapai Rp28 ribu ditokoh. "Tapi sekarang tak tahu masih langka atau tidak tabung gas elpiji 3 kilogram tersebut," ujarnya.

Diharapkan, jangan sampai langka tabungan gas elpiji karena mau lebaran, sebab tingkat penggunaan gas elpiji dalam rumah tangga sangat tinggi, seperti menggunakan masak kue dan sebagainya.

"Kita minta pemerintah daerah dan pihak Pertamina serta agen gas elpiji untuk segera menyelesaikan persoalan tersebut, jangan sampai dekat lebaran ini gas elpiji malah langka, akan membuat masyarakat ribut," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu Abang Chairul Saleh menyatakan, kalau kemungkinan terjadi kelangkaan tabung gas elpiji 3 kilogram dan mahal disebabkan tingkat permintaannya tinggi.

"Kita akan cek kelapangan apakah masih langka atau tidak. Mudah-mudahan tak terjadi langka lagi, sebab ini sudah mau lebaran karena tingkat kesibukkan di dapur cukup tinggi," ucapnya.

Sedangkan untuk sembako, Abang Chairul Saleh memastikan, di Kapuas Hulu masih dalam keadaan stabil baik harga maupun stok sembako tersebut. "Kita harap tak ada yang langka dan sebagainya. Kami bersama kepolisian selalu menitor kesediaan sembako di pasar," ungkapnya. 

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help