Pilkada Kubu Raya Timpang, Muda-Jiwo Dominasi Hasil Survei

Media Survei Nasional melakukan survei terhadap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kubu Raya.

Pilkada Kubu Raya Timpang, Muda-Jiwo Dominasi Hasil Survei
TRIBUNPONTIANAK/MADROSID
Direktur Riset Media Survei Nasional Sudarto 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA – Lembaga Media Survei Nasional (Median) melakukan survei terhadap sejumlah pasangan calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kubu Raya.

Hasilnya cukup mencengangkan, dari tiga paslon, yaitu Muda Mahendrawan-Sujiwo, Werry Syahrial-Nasir Maksudi dan Hamza Tawil-Kohim.

Hasil survei elektabilitas Muda Mahendrawan-Sujiwo berada paling tinggi yaitu 72,8 pesen, sementara untuk Werry Syahrial-Nasir Maksudi hanya 6,6 persen dan Hanzah Tawil-Kohim 4,6 persen, sisanya masyarakat masih ragu-ragu 15,9 persen. 

Direktur Riset Media Survei Nasional Sudarto mengatakan hasil survei tersebut dilakukan berdasarkan data yang diambil selama beberapa hari dari tanggal 7-15 Mei 2018.

Baca: Triwulan ke 2 Tahun 2018, Pendapat Kubu Raya Lampaui Target

“Kita sudah belasan tahun melakukan riset dan sudah sangat berpengalaman di berbagai daerah tingkat kabupaten/kota,” katanya, saat memaparkan hasil surveinya di Gardenia Kubu Raya, Minggu (10/6/2018).

Berdasarkan pengalaman survei yang dilakukan, pihaknya melakukan survei di Kubu Raya, melalui seribu responden sehingga mendapatkan hasil survey dengan marjin off air 3,1 persen pada tingkat kepecerayaan masyarakat 95 persen.

“Kami juga sudah cek kesesuaiannya dengan data di Badan Pusat Statistik (BPS), tidak ada perbedaan signifikan antara karakter di BPS terkait masyarakat di Kubu Raya, dari sisi usia, gender, pendidikan, agama semuanya mirip sehingga kami percaya, hasil survei dari wawancara kami dengan responden kami mampu mewakili aspirasi masyarakat kubu raya secara umum karena seluruh demografinya terwakili dengan cukup baik,” ujarnya.

Sedangkan untuk hasil survei popularitas, masyarakat ketika ditanya terkiat 6 figur yang mencalonkan diri sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati kubu raya, lagi-lagi figur dari pasangan Muda Mahendrawan dan Sujiwo memimpin jauh.

Muda Mahendrawan berada di angka 90,9 persen masyarakat menyatakan kenal. Selanjutnya Sujiwo itu ada 87, 6 persen orang yang kenal, kemudian Werry Syarial 57 persen orang tahu, lalu Hamzah Tawil 54,3 persen orang juta tahu, selanjutnya Kohim 19 persen dan Nasir Maksudi 15,7 persen.

“Jadi berdasarkan hasil ini, dari segi popularitas tampaknya pilkada di Kubu Raya terjadi kesenjangan cukup tinggi, didomintasi oleh pasangan Muda-Jiwo capai 90,9 persen,” ungkapnya.

Baca: Mudik Lebaran, Rusman Ali Izinkan Penggunaan Kendaraan Dinas Bagi PNS

Halaman
12
Penulis: Madrosid
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help