Fakta Unik! Danau Laet Dikelilingi 12 Pulau, Ada di Kalbar Loh

Danau Laet, memiliki Pulau Otong dengan luas 8 hektare, lebih luas dari Pulau Otong, terdapat Pulau Lambong dengan luas 35 hektare.

Fakta Unik! Danau Laet Dikelilingi 12 Pulau, Ada di Kalbar Loh
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MASKARTINI
Semenjak diperkenalkan, masyarakat mendapatkan sumber pendapatan baru dengan menjadi pemandu wisata ke 12 pulau yang mengelilingi Danau Laet 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Berjarak 1,5 jam dari Kota Pontianak, Danau Laet yang merupakan objek wisata RT 06 Otong, Desa Subah, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau kian dikenal oleh masyarakat.

Dalau dengan luas 800 hektare terdiri dari 12 pulau tersebut kini menjadi destinasi baru bagi masyarakat Kalbar karena keunikannya.

Baca: Kenalkan Wisata Kalbar, Disporapar Kalbar Kukuhkan GenPI Kalbar di Danau Laet

Jika sebelumnya kunjungan hanya mencapai ratusan pengunjung, diakui Ketua Kelompok Sadar Wisata, Anselmus Effendi dengan pengelolaan kawasan dengan beberapa spot foto, kunjungan tercatat mencapai rubuan pengunjung.

Salah satu nilai jual Danau Leat adalah jaraknya yang dekat dan keberadaan pulau di sekitar danau.

Baca: Disporapar Kalbar Gelar Genpi Camp di Danau Laet Sanggau

Danau Laet, memiliki Pulau Otong dengan luas sekitar 8 hektare, lebih luas dari Pulau Otong, terdapat Pulau Lambong dengan luas mencapai 35 hektare.

Selain itu terdapat Pulau Nyenyet seluas 9 HA dan Pulau Ketokak yang hanya seluas 0,4 HA, dan terkecil adalah Pulau Peram seluas 0,1 HA.

Danau Laet juga terdapat Pulau Sumba seluas 3 HA, Pulau Penyaok yang lumayan luas mencapai 19 HA, Pulau Canang seluas 2,3 HA, Pulau Songe dengan luas 6 HA, pulau terluas adalah Pulau Ambah Besar seluas 45 HA, dan beberapa pulau kecil yaitu Pulau Sumba Kecil seluas 0,9 dan Pulau Gelumpuk seluas 2 HA.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help