TribunPontianak/

Razia Hari Terakhir Operasi Zebra, Dit Lantas Polda Kalbar Jaring 133 Pengendara

"Jadi yang kita tilang terutama yang perlengkapan kendaraannya kurang lengkap, kemudian tidak menggunakan helm

Razia Hari Terakhir Operasi Zebra, Dit Lantas Polda Kalbar Jaring 133 Pengendara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Adelbertus Cahyono
Petugas Dit Lantas Polda Kalbar saat mendata para pengendara yang kedapatan melanggar tata tertib lalu lintas saat gelaran Operasi Zebra di Terminal Bus Sudarso, Jalan Adisucipto, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa (14/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Dit Lantas Polda Kalbar berhasil menjaring 133 pengendara saat hari terakhir Operasi Zebra di Terminal Bus Sudarso, Jalan Adisucipto,  Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa (14/11/2017).

Pengendara sepeda motor yang terjaring razia adalah sebanyak 122, mobil penumpang pribadi 5, mobil barang/pick up 3, serta truck 3.

Kasi Laka Lantas Subdit Bin Gakkum Dit Lantas Polda Kalbar, Kompol Kartyana mengatakan, penilangan diprioritaskan kepada pelanggaran kasat mata yang berpotensi menimbulkan kecelakaan, terutama yang menyebabkan fatalitas.

"Jadi yang kita tilang terutama yang perlengkapan kendaraannya kurang lengkap, kemudian tidak menggunakan helm, melawan arus dan seterusnya," kata Kartyana.

Baca: 5 Sabuk Siap Diperbutkan, Ini Petinju Profesional yang Akan Tampil

Pelanggar akan dikenakan sanksi sesuai Undang-undang dengan tujuan memberikan efek jera kepada para pengendara yang kedapatan melanggar tata tertib lalu lintas agar tidak mengulangi kesalahannya di kemudian hari.

"Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini kita sudah menggunakan e-tilang, jadi untuk mempermudah pelanggar mengurus denda tilang," ujarnya.

Sejak hari pertama hingga hari ke 13 gelaran Operasi Zebra, Dit Lantas Polda Kalbar telah menilang sekitar 1.400 pengendara.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help