Public Service

Apa BPJS Kesehatan Bisa untuk Tes DNA?

Setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mempunyai hak mendapat pelayanan kesehatan meliputi:

Apa BPJS Kesehatan Bisa untuk Tes DNA?
NET
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nicko Ardinata

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Selamat pagi. Bun tolong tanyakan ke BPJS kesehatan. Apakah bisa pemegang kartu BPJS kesehatan bisa digunakan untuk tes DNA? Terima kasih
085350008xxx

Tes DNA Tidak Ditanggung

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan oleh Bapak/Ibu Pembaca Koran Tribun Pontianak. Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan No. 28 tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program JKN-KIS dinyatakan bahwa:

Setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mempunyai hak mendapat pelayanan kesehatan meliputi:

1. Pelayanan kesehatan Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) dan Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP) yaitu di Puskesmas/Klinik/Dokter Praktek Perorangan.

(Baca: Apa Karyawan Kontrak Bisa Kredit Rumah di BPJS? )

2. Pelayanan kesehatan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL), Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) di Rumah Sakit.

3. Pelayanan gawat darurat.

4. Pelayanan kesehatan lain yang ditetapkan oleh menteri.

Manfaat jaminan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS dalam bentuk pelayanan kesehatan yang bersifat menyeluruh (komprehensif) berdasarkan kebutuhan medis yang diperlukan.

Berdasarkan paparan di atas, maka dapat kami informasikan bahwa untuk keperluan tes DNA tidak dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan karena diluar dari kebutuhan atau indikasi medis peserta dan tidak termasuk dalam pelayanan kesehatan yang ditanggung dalam program JKN-KIS.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Sumber: Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Wenny Silvia Marinda

Penulis: nicko ardinata
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help