Sekda Mempawah Sampaikan Poin Penting di Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia

Rapat bertajuk zoom meeting itu turut dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Mendagri dan Jaksa Agung, serta Launching Aplikasi “API

Penulis: Ramadhan | Editor: Faiz Iqbal Maulid
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Prokopim Pemkab Mempawah
Bupati Mempawah Erlina diwakili Sekretaris Daerah Mempawah Ismail mengikuti Rapat Koordinasi Inspektur Daerah seluruh Indonesia, yang dilakukan secara virtual di Balai Junjung Titah Kantor Bupati Mempawah, Rabu 25 Januari 2023. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Bupati Mempawah Erlina diwakili Sekretaris Daerah Mempawah Ismail mengikuti Rapat Koordinasi Inspektur Daerah seluruh Indonesia, yang dilakukan secara virtual di Balai Junjung Titah Kantor Bupati Mempawah, Rabu 25 Januari 2023 kemarin.

Rapat bertajuk zoom meeting itu turut dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Mendagri dan Jaksa Agung, serta Launching Aplikasi “APIP Lapor”.

Dalam kesempatan itu, Sekda Mempawah Ismail menyampaikan beberapa poin penting yang didapatnya dalam rakor Inspektur Daerah seluruh Indonesia.

"Pada Rakor terutama bapak Jaksa Agung Burhanuddin mengatakan bahwa MOU dilakukan dalam rangka untuk mensinergikan langkah antara Inspektorat dan APH dalam pelaksanaan penegakan hukum yang tak menutup kemungkinan terdapat gesekan," ujar Sekda saat menjelaskan, Kamis 26 Januari 2023.

Lebih lanjut ujar Sekda, Jaksa Agung berharap MOU tersebut tidak mengurangi fungsi atau tugas, hanya mensinergikan penegak hukum dengan APIP, dalam pelaksanaannya serta sinergitas dalam menangani informasi yang dimulai dari APIP.

"Jadi kita semua diminta untuk meluruskan niat, dengan tidak mendiskriminasi seseorang," jelas Sekda.

Kapolres Mempawah Ikuti Zoom Meeting Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia Tahun 2023

Damkar di Jongkat dan Segedong Terima Bantuan Operasional Dari Bupati Mempawah

Ia juga menyampaikan bahwa terdapat hal menarik dalam terobosan di MOU tersebut, dimana laporan pengaduan yang dapat ditindak lanjuti ialah yang memenuhi syarat, tapi subtansi ialah yang utama.

"Pererat kerjasama dengan APIP maupun Polri di daerah," ujar Sekda menyampaikan pesan Jaksa Agung.

Selain itu tambah Sekda, ada poin penting yang juga disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berkaitan dengan anggaran negara yang merupakan tulang punggung untuk pertumbuhan ekonomi, agar penggunaannya efektif dan efisien.

"Kepala Daerah bersama DPRD masing-masing harus betul-betul menjaga agar tidak bocor. Selain itu, harus digunakan tepat sasaran sesuai kebutuhan daerah masing-masing," ujar Sekda menyampaikan pesan Tito Karnavian.

Sekda menyampaikan, Tito Karnavian juga berpesan kepada seluruh kepala daerah agar mensosialisasikan generasi muda di wilayahnya untuk bekerja pada sektor swasta sebagai entrepreneur dan tidak hanya ingin menjadi Pegawai Negeri, TNI atau Polri tapi berusaha untuk membuka usaha.

“Sehingga diharapkan mereka nantinya bisa membuka lapangan kerja untuk orang banyak,” terangnya.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved