Dua Pemenang Dapat Hadiah Umroh Gratis di Acara Sedekah Akbar Indonesia Kalimantan Barat

Dirinya menjelaskan mengenai beras bantuan Masjid Munzalan yang menurun dikarenakan dimana pada tahun 2000 hanya 70 pondok pesantren yang menerima ban

Penulis: Anggita Putri | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Adpim Pemprov Kalbar
Acara Sedekah Akbar Indonesia yang diinisiasi oleh Masjid Kapal Munzalan Indonesia, dipusatkan di Halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Minggu malam 18 Desember 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan didampingi Istri yakni Erlina menghadiri acara Sedekah Akbar Indonesia yang diinisiasi oleh Masjid Kapal Munzalan Indonesia, dipusatkan di Halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Minggu malam 18 Desember 2022.

Kegiatan yang sudah terselenggara sejak tahun 2012 itu, sekaligus merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang sekarang ini sudah satu dekade dan untuk tahun ini kembali diselenggarakan di Kalimantan Barat.

Pada acara tersebut juga dibagikan wakaf sebesar 100 juta rupiah untuk 12 masjid yang diterima dari donatur yang secara simbolis diserahkan oleh Pembina Masjid Kapal Munzalan Rusman.

Pembina Masjid Kapal Munzalan menjelaskan bahwa ada seseorang yang tidak ingin disebutkan namanya menyumbang untuk pembangunan masjid dan berpesan minta didoakan oleh para habib, para ulama, para ustadz, para santri, para yatim dan piatu.

Dirinya menjelaskan mengenai beras bantuan Masjid Munzalan yang menurun dikarenakan dimana pada tahun 2000 hanya 70 pondok pesantren yang menerima bantuan tapi untuk saat ini sudah mencapai kurang lebih 168 pondok pesantren yang menerima bantuan beras tersebut.

TP PKK Kalbar Promosikan Produk Busana dan Kuliner Khas Kalbar Lewat West Kalimantan Festival 2022

"Hal ini tentunya yang dulu dapatnya 1 ton jadi berkurang 500 kg, untuk itu kedepannya diharapkan lebih banyak lagi para donatur yang berinfak beras untuk membantu santri-santri para penghafal Alquran", ujar Rusman Ali.

Pada acara sedekah akbar tersebut juga diumumkan dua orang pemenang paket umroh gratis diantaranya bernama Azizah Nur Baiti dan Muhammad Ridwan.

Pada laporan dari Ketua Sedekah Akbar Indonesia, Irfan Syahrianto, menjelaskan bahwa dirinya merupakan salah seorang dari keluarganya menjadi korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air pada awal tahun 2021 lalu.

"Dengan bergabung bersama Munzalan saya kini memiliki keluarga baru yang lebih banyak terima kasih kepada Para Ustadz dan Pengurus Munzalan", tuturnya.

Kabid Humas Polda Kalbar Imbau Warga Tak Terprovokasi keributan di Jalan Veteran Pontianak

Kemudian Ia juga melaporkan bahwa total dana yang terkumpul pada Sedekah Akbar Indonesia di Pontianak tahun 2022 ini sebesar Rp 2.588.004.136 (dua miliar lima ratus delapan puluh delapan juta empat ribu seratus tiga puluh enam rupiah).

Uang penerimaan tersebut dikonversikan kedalam 2.000 paket terbaik untuk santri senilai 1.174.996.800 rupiah, pengeluaran biaya akomodasi dan transportasi sebesar 336.234.162 rupiah, pengeluaran biaya konsumsi sebesar 351.701.184 rupiah, Pengeluaran Biaya Talent dan Produksi Acara 325.000.000 rupiah, pengeluaran biaya Iklan sebesar 212.766.751 rupiah, beban-beban lainnya sebesar 109.828.900 rupiah dan sisa saldo sebesar 77.406.339 rupiah.

"Dari kelebihan dana ini akan digunakan untuk pengembangan dakwah dan kemaslahatan yang terkait dengannya, dan Ini bukan kerja tim Sedekah Akbar Indonesia tapi ini atas pertolongan Allah SWT", ungkap Irfan Syahrianto.

Kemudian acara Sedekah Akbar Indonesia dilanjutkan dengan tausiyah dan muhasabah dari Ustadz Lukmanul Hakim atau disapa Ayah Man yang merupakan pendiri dan sekaligus pengasuh Pondok Masjid Munzalan Mubarakan Ashabulyamin di Kubu Raya, Kalimantan Barat dan juga sekaligus sebagai pencetus Gerakan Infaq Beras di Kalimantan Barat. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved