Gerbang Megah Cap Go Meh Diresmikan, Simbol Kedekatan Masyarakat Singkawang dengan Kapal Api

Di dalam visi misi kami adalah membangun tiga pintu gerbang yang merupakan implementasi Tidayu (Tionghoa, Dayak dan Melayu).

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Nina Soraya
Tribunpontianak.co.id/Istimewa
Potong Pita menandakan Peresmian Gerbang Cap Go Meh oleh CEO PT Kapal Api Global, Soedomo Mergonoto ditemani istri, Mimihetty Layani bersama Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dan Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, Sabtu 3 Desember 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Gerbang megah bernama "Cap Go Meh" di batas wilayah Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang di Kecamatan Singkawang Selatan akhirnya diresmikan.

Gerbang berdesain khas budaya Tionghoa ini diresmikan secara langsung oleh CEO PT Kapal Api Global, Soedomo Mergonoto bersama Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dan Bupati Kabupaten Bengkayang, Sebastianus Darwis pada Sabtu 3 Desember 2022 pagi.

Soedomo Mergonoto berharap dengan pembangunan gerbang Cap Go Meh ini merupakan bentuk dukungan Kapal Api Global untuk Kota Singkawang sebagai kota yang melambangkan persatuan dan toleransi multi etnis di Indonesia.

CEO PT Kapal Api Global, Soedomo Mergonoto menandatangani prasasti
CEO PT Kapal Api Global, Soedomo Mergonoto menandatangani prasasti Gerbang Cap Go Meh. Sabtu 3 Desember 2022.

Desain unik khas budaya Tionghoa di Gerbang Cap Go Meh ini mencerminkan satu dari tiga suku mayoritas di Kota Singkawang.

Sekaligus melengkapi tiga gerbang batas wilayah yang ada di Kota Singkawang.

Megah, Gerbang Batas Kota Cap Go Meh Perbatasan Kota Singkawang dengan Bengkayang Diresmikan

Seperti Gerbang Mahligai Pesisir dengan desain khas budaya Melayu di Singkawang Utara dan Gerbang Tama Ka' Lawakng di Singkawang Timur yang memiliki desain khas budaya Dayak.

Terwujudnya pembangunan gerbang Cap Go Meh yang megah ini berkat dukungan dari Kapal Api.

Dalam sambutannya, CEO PT Kapal Api Global, Soedomo Mergonoto menerangkan bahwa seperti harumnya kopi Kapal Api yang menyatukan cita rasa kopi di seluruh nusantara, gerbang Cap Go Meh ini juga menjadi simbol persatuan dan kedamaian seluruh elemen bangsa.

"Hadirnya gerbang Cap Go Meh ini menjadi simbol kedekatan masyarakat Singkawang dengan kopi Kapal Api" Imbuhnya.

Tjhai Chui Mie menandatangani prasasti Gerbang Cap Go Meh 2022
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menandatangani prasasti Gerbang Cap Go Meh. Sabtu 3 Desember 2022..


Wujud Visi Misi Singkawang Hebat

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie berterima kasih kepada CEO PT Kapal Api Global, Soedomo Mergonoto dan istrinya, Mimihetty Layani yang sudah memberikan dukungan untuk mewujudkan pembangunan gerbang Cap Go Meh di Kota Singkawang ini.

Di mana kehadiran gerbang megah ini merupakan salah satu upaya dalam rangka mengembangkan pariwisata di Kota Singkawang yang dikenal sebagai Kota Pariwisata di Provinsi Kalimantan Barat.

“Di dalam visi misi kami adalah membangun tiga pintu gerbang yang merupakan implementasi Tidayu (Tionghoa, Dayak dan Melayu) untuk memperkenalkan kepada pengunjung bahwa adat budaya kita di Kota Singkawang begitu bagus dan harus dilestarikan,” ujar Tjhai Chui Mie.

Ketiga gerbang di tiga batas wilayah Kota Singkawang yang memiliki ciri khas budaya Tionghoa, Dayak dan Melayu ini pula menjadi salah satu cara dari Pemerintah Kota Singkawang untuk mempromosikan kebudayaan di Kota Singkawang kepada masyarakat luar yang berkunjung ke Kota Singkawang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved