Fotografi

Cara Menggunakan Aturan Sepertiga dan Rasio Emas dalam Fotografi Kembang Api

tips-tips mempersiapkan dan bagaimana menggunakan peraturan-peraturan komposisi untuk mempercantik estetika fotografi kembang api

Canon Indonesia
Rule of Thirds and Golden Ratio 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dengan memanfaatkan Aturan Sepertiga atau Rasio Emas bisa sangat membantumu memberikan sentuhan yang ajaib pada komposisi gambar dari subyekmu yang statis.

Tetapi bagaimana dengan kembang api yang tidak bisa diprediksi?

Simak beberapa tips-tips mempersiapkan dan bagaimana menggunakan peraturan-peraturan komposisi untuk mempercantik estetika fotografi kembang api anda.

Persiapan

Sebelum masuk ke teknis dari komposisinya, kunci dasar dalam mengambil foto kembang api adalah dengan mempersiapkan peralatan secara dini.

Rasio Pembesaran Maksimum Lensa Kamera

Ingatlah untuk membawa tripod anda dan mengambil foto-foto sampel dahulu sebelum pertunjukan kembang api untuk memastikan anda bisa mempunyai bingkai foto yang baik.

Seperti bahwa anda tidak bisa memprediksi letak penempatan kembang api, pastikan untuk menyesuaikan pengaturan kamera anda untuk bisa mengambil ambilan foto dengan sudut yang lebih luas.

Pastikan untuk meninggalkan ruang yang cukup di bagian atas bingkai untuk menghindari adanya bagian kembang api yang terpotong di dalam foto.

Ambil foto uji dengan sampel foto dari perangkat genggam sebelum mengatur kamera ke tripod anda.

Aturan Sepertiga dan Rasio Emas adalah dua hal yang sama-sama diketahui banyak orang sebagai aturan komposisi dasar dalam fotografi.

Tetapi bagaimana cara anda menggunakan peraturan tersebut dalam fotografi kembang api? Inilah caranya.

Canon EOS R6 Mark II: Gamechanger Baru Canon bagi Pemotret Hibrida

Aturan Sepertiga

Aturan Sepertiga digunakan untuk memberikan penekanan yang sama mengenai ruang antara latar belakang lukisan dan subyeknya.

Mereka sudah menemukan bahwa mata manusia tidak akan tertuju pada bagian pusat gambar, tetapi cenderung akan berkeliaran di sekitarnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved