Bupati Kayong Utara Beberkan Rancangan Program Pembentukan Perda Tahun 2023

Dikesempatan tersebut, Bupati Citra Duani menyampaikan program pembentukan Perda, disusun oleh Pemerintah Daerah dan DPRD untuk jangka waktu satu tahu

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Istimewa
Momen Bupati Kayong Utara, Citra Duani Bacakan Rancangan Program Pembentukan Perda Tahun 2023, di Ruang Rapat DPRD, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Rabu 30 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA -  Bupati Kayong Utara, Citra Duani menghadiri rapat paripurna DPRD Kayong Utara dalam rangka Penetapan Program Pembentukan Perda (Peraturan Daerah) tahun 2023, di Ruang Rapat DPRD, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar pada Rabu 30 November 2022.

Dikesempatan tersebut, Bupati Citra Duani menyampaikan program pembentukan Perda yang disusun oleh Pemerintah Daerah dan DPRD untuk jangka waktu satu tahun dan dilakukan setiap tahun sebelum penetapan Rancangan Perda tentang APBD serta penetapannya melalui Rapat Paripurna DPRD.

"Program pembentukan perda tahun 2023 yang diusulkan dari Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, tentunya didasari oleh perintah peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, rencana pembangunan daerah, penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas pembantuan, serta memperhatikan aspirasi masyarakat di daerah," papar Bupati Citra Duani.

Selain beberapa hal diatas, usulan pembentukan Perda tahun 2023 juga menyesuaikan dengan berbagai regulasi nasional yang mengalami perubahan.

Tingkatkan Peran Pelayanan, RSUD SM Jamaludin I Kayong Utara Butuh Perbanyak Dokter Spesialis

Citra Duani menyebut bahwa raperda yang diusulkan dalam program pembentukan perda ini, merupakan raperda yang penting dan diprioritaskan penyusunan dan pembahasannya pada tahun 2023, sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan daerah dibidang regulasi dan menjadi dasar dalam pelaksanaan urusan pemerintahan daerah.

"Dengan ditetapkannya program pembentukan perda tahun 2023 ini, baik yang berasal dari Pemerintah Daerah maupun dari inisiatif DPRD tentunya dapat menjadi skala prioritas dan menjadi lebih fokus dan terarah dalam proses penyusunan, pembahasan, penetapan sampai penyebarluasannya," kata Bupati Citra.

Untuk itu, adapun usulan Raperda pemerintah Kabupaten Kayong Utara tahun 2023 yakni Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kayong Utara Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembentukan Produk Hukum Daerah.

Formasi PPPK Guru Bertambah Jadi 194, Kadisdik Kayong Utara Harap Terisi Semua

Lebih lanjut, Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kayong Utara Nomor 8 tahun 2015 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kayong Utara Tahun 2015-2035. Raperda tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung, Raperda tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kayong Utara Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan Raperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Bupati Citra berharap, kepada seluruh Perangkat Daerah pemrakarsa dalam penyusunan dan pembahasan Raperda tahun 2023 ini, segera dituntaskan secepatnya dan disampaikan kepada DPRD.

Kemudian, dari penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang APBD tahun 2023 disetujui dan akan ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Kayong Utara.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved