Lokal Populer

Keterlibatan Mahasiswa Sambas Dalam Peningkatan IPM di Kalimantan Barat

Untuk meningkatkan IPM di Kalimantan Barat Dimas mengajak senirgitas gerakan Mahasiswa untuk membantu pemerintah daerah maupun provinsi

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Total 1000 mahasiswa asal Kabupaten Sambas hadiri Bubor Paddas dan Silaturahmi Akbar di Pontianak. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP), 26 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Komite Mahasiswa Kabupaten Sambas (KMKS) sukses melaksanakan kegiatan tahunan Bubor Paddas dan Silaturahmi Akbar di Pontianak berlokasi di Aula Universitas Muhammadiyah Pontianak UMP, Sabtu 26 November 2022.

Bubor Paddas merupakan kegiatan yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh KMKS. Bukan hanya sekedar silaturahmi namun dalam rangkaian tersebut diselingi dengan diskusi mengenai keterlibatan Mahasiswa Sambas dalam peningkatan IPM di Kalimantan Barat.

Ketua Umum KMKS, Dimas Yosa Ananda mengatakan kegiatan itu sangat luar biasa. Dia menilai, persatuan dan kekompakan mahasiswa Sambas yang sangat antusias mengikuti acara silaturahmi oleh KMKS.

"Bukan hanya sekedar makan Bubor Paddas (makanan dari daerah Sambas) namun dalam acara tersebut kami selingi dengan Diskusi mengenai Keterlibatan Mahasiswa Sambas khususnya dalam keikutsertaannya meningkatkan IPM di Kalimantan Barat," ujarnya, Minggu 27 November 2022.

Berbagai Cara Antisipasi Balap Liar di Singkawang

Seperti diketahui bersama, kata dia, pada 2020 berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), IPM Kalbar berada di urutan 30 dari 34 Provinsi se-Indonesia dengan nilai 67, 66. IPM Kalbar Bahkan yang terendah se-Kalimantan.

"Namun Pada tahun 2021, IPM Kalimantan Barat telah mencapai 67,90 poin. Angka ini meningkat sebesar 0,24 poin dibandingkan dengan IPM Kalimantan Barat pada tahun 2020 yang sebesar 67,66 poin," katanya.

Untuk meningkatkan IPM di Kalimantan Barat Dimas mengajak senirgitas gerakan Mahasiswa untuk membantu pemerintah daerah maupun provinsi untuk saling bahu membahu meningkatkan IPM.

"Menjadi PR bersama, kami mahasiswa Sambas khususnya, sangat siap diikutsertakan dalam kegiatan yang indikatornya untuk peningkatan IPM yaitu dari lini pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lainnya," tuturnya.

Seperti yang KMKS laksanakan setiap tahunnya, ujar Dimas, yaitu sosialisasi perguruan tinggi tingkat SMA se-derajat di Kabupaten Sambas. "Ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan IPM melalui pendidikan," tutupnya.

Awal Perubahan dan Perbaikan Kalbar

Komite Mahasiswa Kabupaten Sambas (KMKS) kembali menggelar kegiatan Bubor Paddas dan Silaturahmi Akbar Mahasiswa Sambas.

Tahun ini, kegiatan Bubor Paddas akan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2022, dan berlokasi di Auditorium Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Adapun tema untuk kegiatan tahun ini adalah memperkuat persatuan mahasiswa Sambas dalam melestarikan budaya Sambas.

Tokoh pemuda berdarah Sambas sekaligus koordinator juru bicara nasional Partai Demokrat dan salah satu Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia periode 2019-2022, Herzaky Mahendra Putra mengapresiasi gelaran Bubor Paddas ini.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved