Lokal Populer

Berbagai Cara Antisipasi Balap Liar di Singkawang

pemasangan pita kejut ini merupakan upaya Pemerintah untuk mencegah kembali terjadinya aksi-aksi balap liar di Singkawang

TRIBUNPONTIANAK/RIZKI KURNIA
10 remaja joki balap liar yang terjaring petugas Satlantas Polres Singkawang berdiri di samping motor mereka. Minggu 27 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dalam waktu dekat ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Singkawang berencana memasang pita kejut di sejumlah jalan yang sering dijadikan lokasi balap liar oleh para remaja.

Jalan yang akan dipasang pita kejut ini, diantaranya yakni Jalan Sejahtera dan jalan di kawasan Jembatan Agen yang sering dijadikan lintasan untuk adu kecepatan para joki balap liar.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Singkawang melalui Kabid Lalu Lintas, Adi Haryadi, pemasangan pita kejut ini merupakan upaya Pemerintah untuk mencegah kembali terjadinya aksi-aksi balap liar di Singkawang.

"Ini adalah langkah antisipasi balap liar yang akan kami lakukan, sesuai tusi kami di Dinas Perhubungan," ujar Adi Haryadi, Minggu 27 November 2022.

Delapan Desa di Kabupaten Sintang Akhirnya Nikmati Aliran Listrik

Pemasangan pita kejut ini, Adi Haryadi katakan, direncanakan rampung pada akhir tahun 2022 ini.

Selain di dua jalan tersebut, Dinas Perhubungan juga akan membuat zebra cross di sejumlah jalan di Singkawang, yakni di jalan depan SMP Talenta Jalan Kurau, jalan depan RA Al-Ikhlas Jalan kuala, jalan depan SDN 23 Singkawang, jalan depan Masjid Raya, jalan depan TK Kartika XVII-09 Singkawang Jalan R.A Kartini dan jalan di depan RS DKT di Jalan R.A Kartini.

Sementara pita kejut, akan dipasang di U turn gereja AYAM, jalan depan Bangunan Baru, U turn depan Japer cafe, pita kejut depan U turn Mahkota dan pita kejut di depan dinas pertanian.

Satlantas Gandeng IMI

Satlantas Polres Singkawang menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) Singkawang dan pengelola Pantai Pasir Panjang Palapa untuk membina para remaja joki balap liar yang terjaring petugas.

Ketua IMI Singkawang, Samhadi mengatakan, pihaknya sangat siap untuk melakukan pembinaan tersebut kepada para joki balap liar.

Ia menerangkan, dalam pembinaan ini, para remaja akan diberikan pelatihan untuk menjadi pembalap yang benar dan sesuai aturan.

"Kita ajarkan bagaimana balap yang benar dan baik, menggunakan pengaman, memiliki asuransi. Bukan dijalan dan meresahkan masyarakat," terang Samhadi, Minggu 27 November 2022.

Menurut penuturannya, sebelumnya IMI Kota Singkawang pernah menggelar perlombaan balap yang dikhususkan bagi joki-joki balap liar di Sirkuit Pantai Palapa.

Bahkan, lomba balap atau race yang digelar IMI ini sudah lebih dari 10 kali digelar. Di mana para joki balap liar dengan mengenakan peralatan pengaman yang lengkap, dapat sepuas-puasnya memacu motor metic 115 cc standar mereka di sirkuit.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved