Lokal Populer

Kenalkan Sektor Wisata dan Tingkatkan Ekonomi Kalimantan Barat Dalam Kegiatan BIMB-EAGA

Sekda Kalbar Harisson memastikan Kalbar sudah siap untuk menerima kehadiran delegasi BIMP-EAGA

BIMP-EAGA
Logo BIMP-EAGA 2022 yang akan digelar di Pontianak, Kalimantan Barat pada 25 November 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Provinsi Kalimantan Barat menjadi tuan rumah Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) ke-25 kerjasama ekonomi sub regional Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines, East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA ) Tahun 2022.

Perhelatan Forum bergengsi yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 23-26 November 2022 tersebut, digadang-gadang memiliki dampak positif terhadap perekonomian, khususnya bagi Provinsi Kalimantan Barat.

Sepekan jelang pelaksanaannya, Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kalbar Harisson memastikan Kalbar sudah siap untuk menerima kehadiran delegasi BIMP-EAGA.

Pasalnya, keseluruhan materi persidangan dikelola langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) pihaknya (dalam hal ini pemerintah provinsi) hanya menyiapkan tempat, acara dan sebagainya.

Baca juga: Gejala Baru Covid-19 Bikin Kasus Melonjak Kembali, Beda Risiko Orang Vaksin dan Belum Vaksin

Yang jelas kata Harrison, momentum tersebut merupakan kesempatan emas bagi Kalbar untuk dapat memasarkan produk ekonomi kreatif, usaha kecil mikro menengah (UMKM) dan produk hasil hutan non-kayu ke kancah Internasional.

Kemudian, pihaknya juga akan berusaha menarik investor melalui sektor wisata yang ada di Kalbar, satu diantaranya Pantai Temajuk, yang terletak di Kabupaten Sambas.

“Kita juga berharap ada investor dari negara-negara yang mengikuti kegiatan ini untuk pengembangan Pelabuhan Kijing,” ujarnya, Kamis 17 November 2022.

Agar pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar, pihaknya bersama instansi terkait akan mengerahkan 700 personel gabungan untuk mengamankan pelaksanaan BIMP-EAGA di Kalbar.

“Kita mengerahkan 700 orang lebih untuk keamanannya, dari Polda, TNI, baik dari Kodam, TNI AU, TNI AL, dan juga Satpol PP,” ungkapnya.

Sementara, Harrison belum dapat memastikan siapa saja delegasi dari luar negeri yang akan hadir untuk mengikuti BIMP-EAGA. Hal tersebut dikarenakan proses pendaftarannya melalui Kemenko.

“Mereka (Kemenko) yang akan menginformasikan. Pendaftaran itu dibuka sampai hari Jumat. Ketika pendaftaran telah ditutup, kita baru tau siapa saja yang akan hadir di BIMP-EAGA di Pontianak ini,” jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat Prabasa Anantatur sambut baik dan dukung penuh pelaksanaan kegiatan BIMP-EAGA.

Dia menilai, kegiatan tersebut tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kalbar. Terlebih, pada pelaksanaan BIMP-EAGA ke-25 ini Kalbar yang menjadi tuan rumah.

“Tentunya kami selaku anggota DPRD, pimpinan DPRD, semua mendukung sepenuhnya kegiatan yang berefek pada peningkatan ekonomi Kalbar, salah satunya hotel penuh, kemudian kita dapat investasikan potensi-potensi yang ada di Kalbar,” tutupnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved