Lokal Populer

Sutarmidji Sebut Kalbar Saat Ini Surplus Beras

Sutarmidji juga menyampaikan bahwa Kalbar saat ini surplus beras, seharusnya masyarakat mengkonsumsi beras hasil petani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Muhammad rokib
Ketersediaan stok Beras BULOG di Kalbar dalam kondisi aman. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengatakan bahwa dalam penanganan inflasi Kalbar sudah bagus bahkan mendapatkan apresiasi berupa dana insentif dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 10,8 miliar.

Tak hanya Pemprov Kalbar juga di Kota Singkawang, Kota Pontianak dan Kabupaten Sintang juga mendapatkan apresiasi tersebut.

“Ini menunjukkan penanganan inflasi kita sudah sangat bagus. Dana Insentif Daerah yang kita dapatkan dari penanganan inflasi kita gunakan untuk program padat karya, operasi pasar lalu sebagian besar digunakan untuk sembako bagi masyarakat ada sekitar 40 ribu paket yang siap dibagi untuk kepentingan masyarakat,” ujar Sutarmidji.

Hal itu disampaikannya usai Rapat bersama Forkopimda membahas isu-isu Aktual terkait Persiapan Pelaksanaan BIMP-EAGA, Pengendalian Inflasi dampak Kenaikan BBM dan Penanganan Banjir , Bertempat Hotel Mercure, Rabu 16 November 2022.

Sebanyak 176 Alsintan Untuk Sektor Pertanian di Sambas

Sutarmidji juga menyampaikan bahwa Kalbar saat ini surplus beras, seharusnya masyarakat mengkonsumsi beras hasil petani.

“Saya ingatkan karena kita sekarang surplus beras, masyarakat harusnya konsumsi beras dari petani kita, takutnya sekarang banyak yang mengoplos beras,” ungkapnya.

Sutarmidji ingatkan perusahaan yang suka mengoplos beras untuk berhati-hati, sebab dikatakanya ia sudah tau akan hal itu.

“Kita sudah tahu kalau masih dilakukan tunggu saja waktunya. Di Pontianak ada praktek itu (pengoplosan beras),” pungkasnya.

Maksimalkan Potensi Pertanian di Sambas

Bupati Sambas, H Satono meminta Gapoktan dan Poktan yang diberikan alsintan dapat memaksimalkan potensi lahan pertanian masing-masing, Rabu 16 November 2022.

Dia menjelaskan, Pemda Sambas memberikan bantuan Alsintan kepada kelompok tani tersebut merupakan bentuk apresiasi dan perhatian Pemerintah Kabupaten Sambas kepada petani.

"Alsintan yang diberikan kepada petani ini kalau dinominalkan lebih kurang Rp.5 miliar rupiah. Seharusnya itu bisa meningkatkan produktivitas hasil tani bagi kelompok tani yang menerimanya," katanya Rabu 16 November 2022.

Bantuan Alat Mesin Pertanian di Kabupaten Mempawah

Bupati Sambas, Satono didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar menyerahkan 176 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani.

Alsintan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sambas di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved