Yayasan Palung Akan Suguhkan Beragam Kegiatan Seru Pada Pekan Peduli Orangutan 2022

Kegiatan yang akan dilaksanakan ini, bertajuk PPO tahun 2022 adalah Orangutan Si Petani Hutan.

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Istimewa
Pamflet pekan peduli orangutan tahun 2022 “orangutan si petani hutan” oleh Yayasan Palung 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Yayasan Palung rencananya akan mengadakan serangkaian kegiatan pada tanggal 15 sampai dengan 16 November 2022, dalam rangka memperingati Pekan Peduli Orangutan (PPO) 2022, di Kantor Yayasan Palung Bentangor Education Center, Desa Pampang Harapan, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Kegiatan yang akan dilaksanakan ini akan bertajuk PPO tahun 2022 yakni Orangutan Si Petani Hutan.

Seperti diketahui, pekan peduli Orangutan, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Yayasan Palung setiap bulan November, sejak 2008, di Kalimantan Barat.

Mengenai rencana kegiatan Pekan Peduli Orangutan 2022 ini, Direktur Lapangan Yayasan Palung, Edi Rahman menyampaikan PPO yang diperingati setiap tahun menjadi momentum para pemerhati konservasi baik secara kelembagaan maupun individual untuk terus melestarikan orangutan yang merupakan satu dari empat kera besar yang ada di dunia. 

“Menjadi tanggung jawab kita semua untuk melestarikan orangutan dan habitatnya yang tersisa. Ini tidak lepas dari ulah dari berbagai aktivitas manusia di habitat orangutan yang mengakibatkan orangutan terus tergusur dari habitatnya,” ujar Edi pada Selasa 8 November 2022. 

Wabup Kayong Utara Tegaskan Beberkan Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Edi melanjutkan, bahwa semua pihak tidak menginginkan Orangutan yang menjadi kebanggaan Indonesia bahkan dunia hanya tinggal cerita. Yayasan Palung melakukan berbagai upaya, untuk tetap terus melestarikan orangutan dan habitatnya melalui berbagai program.

Untuk itu, PPO tahun 2022 akan diawali dengan pembukaan dan penanaman pohon di lokasi Bentangor Education Center, Desa Pampang Harapan, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, pada Selasa 15 November 2022, sekira pukul 08.00- 09.30 Wib nanti. 

Adapun serangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka PPO 2022 antara lain adalah seperti Lomba Kerajinan Anyaman, peserta lomba adalah sekolah-sekolah tingkat SD, SMP, SLTA (SMA)/SMK sederajat yang berada di Kecamatan Sukadana dengan partisipan setiap 2 orang dari perwakilannya masing-masing. 

Lomba menggambar, kategori SD (Kelas V atau VI), SMP dan SMA/SMK sederajat yang berada di Kecamatan Sukadana dengan tiga orang siswa perwakilan masing-masing sekolah di Aula Desa dan Bentangor. 

Kemudian, akan digelar lomba cerdas cermat. Partisipan lomba cerdas cermat dari sekolah tingkat SMA/SMK sederajat yang berada di Kecamatan Sukadana dan 1 (satu) sekolah di Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara dengan mengirim perwakilan masing-masing 3 orang dari setiap sekolah.

Dinkes Kayong Utara Sampaikan Evaluasi Bersama Untuk Penanganan Stunting

Workshop ataupun lecture singkat tentang orangutan kepada peserta lomba menggambar dan menganyam. 

Selain itu, juga ada talkshow dalam rangka PPO 2022 dari Yayasan Palung nantinya dilaksanakan dengan metode diskusi Hybrid (Offline dan online) melalui siaran langsung media social pada Rabu 16 November 2022, di Aula Bentangor.

Dan tak kalah seru yakni lomba memasak, perlombaan masak tradisional akan melibatkan masyarakat di sekitar Desa Pampang Harapan bekerjasama dengan BUMDES Pampang Harapan

Dari desa akan mengirimkan kandidat masing-masing dari Dusun Segua, Dusun Pampang Harapan, Dusun Pasir Mayang sebanyak 2 kelompok dimana setiap kelompok itu terdiri dari 3 orang, dengan demikian ada 6 kelompok yang akan terlibat dalam lomba memasak tersebut. 

Kriteria lomba masak adalah berasal dari bahan makanan atau minuman, dari hutan sekitar yang halal dan tidak boleh dibeli dari pasar, yang akan terlaksana pada rabu tanggal 16 November 2022.

Selanjutnya, akan pemutaran film lingkungan di lokasi Bentangor. Pada acara puncak, diisi dengan suguhan teatrikal yang rencananya akan dibawakan oleh RK-TAJAM dan REBONK dan pembagian hadiah pemenang lomba sekaligus penutupan kegiatan PPO.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved