Banjir di Singkawang Kian Surut, Ini Usaha yang Dilakukan Pemkot

Sejumlah ruas jalan yang sempat digenangi banjir di Kota Singkawang, saat ini tampak sudah mengering dan arus lalu lintas sudah kembali normal.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Istimewa
Banjir di Jalan Sama-sama Kota Singkawang surut hingga hanya setinggi mata kaki. Senin 8 November 2022 sore 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Tiga hari dilanda banjir, kini genangan air yang terjadi di Kota Singkawang berangsur surut, Selasa 8 November 2022.

Sejumlah ruas jalan yang sempat digenangi banjir di Kota Singkawang, saat ini tampak sudah mengering dan arus lalu lintas sudah kembali normal.

Surutnya banjir yang terjadi di Kota Singkawang ini terhitung cukup cepat. Hal ini tidak terlepas dari upaya Pemerintah Kota Singkawang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Singkawang, Asyir A Bakar mengatakan, Pemkot Singkawang telah melakukan normalisasi sungai sejak tanggal 28 Agustus 2022.

Aksi Wako Singkawang Terobos Banjir Sepinggang Demi Salurkan Bantuan, Harap Air Segera Surut

Normalisasi sungai tersebut dilakukan pada sungai Cisadane sepanjang 1.200 meter dengan lebar 6-14 meter serta dan saluran primer Kelapa Dua sepanjang 1.600 meter dengan lebar lima meter.

Diantara sungai Cisadane dan Kelapa Dua dihibungan dengan saluran paralel yang dinamakan Santiokong dengan panjang 1.781 meter dan lebar enam meter.

Selain itu, saluran Santiokong juga menghubungkan ke sungai sejati yang telah dikerjakan sepanjang 991 meter dan lebar lima meter. Kemudian juga menghubungkan sungai kelapa dua dengan sungai Singkawang sepanjang 283 meter dengan lebar enam meter.

"Selain itu, jika dilihat dari topografinya, berberapa daerah di Kota Singkawang berada pada daerah rendah," ujar Asyir, Selasa 8 November 2022.

Ditambah dengan curah hujan yang tinggi diatas 100 milimeter dengan durasi yang cukup lama dan cakupan areal yang luas, menyebabkan debit air yang melewati saluran drainase sudah melewati kapasitas saluran yang ada.

Meski sudah berangsur surut, berberapa ruas jalan di Kota Singkawang masih digenangi banjir, namun arus lalu lintas sudah berjalan cukup lancar.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved