Bagaimana Cara Nonton TV Digital Tanpa STB? Ikuti Panduan Memeriksanya Secara Lengkap Disini!

Sebelumnya, dikabarkan bahwa perangkat STB adalah perangkat yang diperlukan untuk menikmati siaran digital yang akan menggantikan siaran analog.

Tribunpontianak/ka
Penggunaan STB untuk mengakses layanan TV analog ke Digital-Berikut cara yang bisa dilakukan untuk tetap bisa mnonton siaran TV digital tanpa menggunakan STB, erdapat 4 cara memeriksa apakah Telivisi yang saat ini digunakan telah mendukung untuk tetap mengakses siaran Tv Digital. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID-Menyusul penghentian siaran Televisi analog masyarakat dapat mulai menikmati siaran Televisi digital, Namun Set Top Box (STB) menjadi perangkat ‘wajib’ yang digunakan untuk menyaksikan siaran digital ini.

Nah, mungkin ada yang bertanya apakah ada cara lain untuk menonton siaran TV Digital tanpa STB?

Sebelumnya, dikabarkan bahwa perangkat STB adalah perangkat yang diperlukan untuk menikmati siaran digital yang akan menggantikan siaran analog.

Perangkat ini disambungkan ke Televisi, untuk kemudian dilakukan pengaturan agar siaran digital bisa ditangkap dan disiarkan.

Namun demikian ternyata tidak semua televisi membutuhkan STB. Beberapa Televisi bisa digunakan untuk menikmati siaran digital tanpa STB.

Progres Program Analog Switch Off (ASO) di Tengah Masyarakat Lengkap Cara Pasang (Set Top Box) STB

Cara Nonton TV Digital Tanpa STB

Untuk menikmati siaran TV Digital tanpa menggunakan perangkat STB, Anda wajib memiliki televisi yang telah memenuhi syarat untuk urusan ini.

Televisi yang dapat langsung menikmati siaran digital adalah televisi dengan teknologi Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial, atau biasa disebut dengan DVB-T2.

Tapi bagaimana cara mengetahui apakah TV sudah dilengkapi teknologi ini atau belum? Dalam hal ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memeriksanya.

Berapa Harga STB (Set Top Box) untuk Menangkap Siaran TV Digital?

Setidaknya ada 4 cara yang bisa Anda gunakan untuk memeriksanya.

1.  Coba lihat stiker yang ada di belakang TV atau label pada kardus Televisi Anda.

Jika ditemukan sederet tulisan atau stiker bertuliskan ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner built-in, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver, artinya Televisi Anda dapat menerima siaran digital tanpa STB.

2. periksa spesifikasi televisi yang anda miliki. Anda bisa memeriksa spesifikasi ini di laman resmi produk yang Anda miliki.

Televisi yang mendukung siaran digital akan dilengkapi dengan tulisan DVB-T2 dalam spesifikasinya.

3. Buka siaran TV Digital yang ada. Siaran Televisi digital memiliki sub-channel yang dapat diakses.

4. Cek situs resmi yang bisa dikunjungi untuk memeriksa apakah Telivisi anda memungkinkan untuk menonton siaran Tv Analog tanpa menggunakan STB

Cobalah untuk mengakes situs https://siarandigital.kominfo.go.id/  dengan cara mengklik menu pada Telivisi yang anda milki dan masukan data secara lengkap tentang perangkat Telivisi anda.

Jika masuk dalam database Kominfo berarti anda masih bisa menonton siaran TV Digital tanpa bantuan STB.

Demikian cara menonton siaran TV Digital tanpa menggunakan perangkat pendukung berupa STB, Semoga cara yang kami sajikan ini dapat membantu. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved