Syarat Baru Naik Pesawat Bulan November 2022 Khusus Penumpang Belum Vaksin Booster

Berikut Syarat Naik Pesawat terbaru untuk pelakukan perjalanan dalam aturan penerbangan semua Maskapai mulai November 2022 ini.

Penulis: Rizky Zulham | Editor: Rizky Zulham
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY ZULHAM
Warga melakukan vaksinasi sebagai Syarat Naik Pesawat - Syarat Baru Naik Pesawat Bulan November 2022 Khusus Penumpang Belum Vaksin Booster. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berikut Syarat Naik Pesawat terbaru untuk pelakukan perjalanan dalam aturan penerbangan semua Maskapai mulai November 2022 ini.

Pemerintah mulai kini mewajibkan pelaku perjalanan dalam negeri atau PPDN untuk melakukan vaksinasi Booster sebagai Syarat Naik Pesawat.

Bagi calon penumpang yang belum melakukan vaksinasi Booster pertama maupun kedua kini ada alternatif atau solusi yang diberikan pemerintah.

Vaksin booster Covid-19 menjadi salah satu syarat wajib bagi masyarakat yang ingin bepergian melalui jalur udara saat ini.

Syarat Penerbangan Terbaru Naik Pesawat Mulai November 2022 di Aturan Perjalanan Semua Maskapai

Di sisi lain, banyak masyarakat yang kesulitan mendapatkan vaksin Booster karena stoknya yang kosong di sejumlah wilayah.

Vaksin booster diperlukan oleh masyarakat mengingat Covid-19 varian baru yaitu subvarian Omicron XBB sudah masuk ke Indonesia.

Selain itu vaksin booster juga menjadi salah satu syarat wajib bagi masyarakat yang ingin bepergian melalui jalur darat dan udara saat ini.

Di sisi lain masyarakat kesulitan mendapatkan vaksin booster karena stoknya kosong di sejumlah wilayah.

Menanggapi hal itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno-Hatta, Naning Nugrahini buka suara.

Ia menegaskan, saat ini belum ada perubahan syarat perjalanan, termasuk soal vaksin booster.

Ia pun menyarankan warga yang hendak naik pesawat tetapi belum bisa mendapat booster karena stok vaksin kosong bisa meminta diskresi ke Satuan Tugas Covid-19.

“Kalau mau ada diskresi-diskresi keringanan itu, kami kan di KKP hanya pelaksana nih ceritanya, itu mesti ada yang membuat surat diskresi dari yang menerbitkan SE (surat edaran),” kata Naning belum lama ini.

Naning menjelaskan, selama ini KKP memberlakukan syarat perjalanan sesuai dengan SE Satuan Tugas Nasional (Satgasnas) Covid-19 No. 24 Tahun 2022 tentang Pelaku Perjalanan Dalam Negeri.

Dalam aturan SE tersebut, pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved