Cara Mudah Menghemat Pemakaian Bahan Bakar Pada Mobil Pribadi, Lakukan Hal Ini

Menghemat konsumsi bensin dengan melakukan solusi. Memastikan pembakaran BBM di mesin berjalan optimal melalui servis berkala.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Karyawan disalah satu SPBU, sedang mengisi BBM untuk mobil. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Setelah Pemerintah secara resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), bagi sebagian besar masyarakat Indonesia tentu menambah beban pengeluaran tidak terkecuali pengendara mobil pribadi.

Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan, kenaikan harga bensin membuat konsumen harus menghitung biaya operasional mobil.

"Selain berupaya menghemat konsumsi bensin dengan melakukan solusi yang kami sampaikan. Kami dapat membantu memastikan pembakaran BBM di mesin berjalan optimal melalui servis berkala," terang Tara pada Sabtu 17 September 2022 lalu.

Harga BBM Terbaru - Bandingkan Harga Pertalite SPBU Pertamina Kini Setara SPBU VIVO

Berikut tujuh cara mudah menghemat pemakaian bahan bakar ala Auto2000 :

1. Servis Berkala

Servis berkala secara teratur mampu menjaga performa mesin agar selalu optimal. Teknisi akan memeriksa komponen mobil termasuk mengganti oli dan memastikan semua komponen bekerja dengan baik. Ia merekomendasikan penggantian oli mesin paling tidak setiap 6 bulan sekali.

2. Perhatikan Tekanan Udara Ban

Tekanan udara ban yang kurang membuat mobil butuh tambahan tenaga untuk melaju. Periksa tekanan udara ban mobil sesuai rekomendasi pabrikan minimal sebulan sekali. Jangan mengisi udara ban melebihi ketentuan karena dapat membuat mobil tidak nyaman dan mengurangi grip ban di jalan.

3. Manfaatkan Peta Digital

Aplikasi peta digital semakin bisa diandalkan untuk mencari rute yang paling cepat sehingga tidak memakan waktu perjalanan. Kompensasinya adalah konsumsi bahan bakar lebih irit.

Dilanda Krisis, Industri Otomotif di Kanada Minta Lebih Banyak Pasokan dari Taiwan

4. Manajemen Waktu Perjalanan

Pelajari jam sibuk di rute yang biasa ditempuh dan disesuaikan dengan aktivitas rutin. Keputusan mengatur waktu perjalanan juga membuat konsumen tidak terburu-buru sehingga sanggup berkendara dengan rileks dan wajar.

5. Atur Muatan Mobil

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved