Lokal Populer

Pemasaran Menjadi Senjata Penting Dalam Menarik Pelanggan Untuk Membangun Daerah

ini merupakan salah satu bagian dari tahapan penyusunan dokumen strategi promosi penanaman modal Kabupaten Sintang

Istimewa
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Strategi Promosi Penanaman Modal Kabupaten Sintang di Aula Hotel New Setia Sintang Jalan Kapiten Kwee Jiu Hoi pada Selasa, 25 Oktober 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Strategi Promosi Penanaman Modal Kabupaten Sintang di Aula Hotel New Setia Sintang Jalan Kapiten Kwee Jiu Hoi pada Selasa 25 Oktober 2022.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang, Erwin Simanjuntak menyampaikan rasa senangnya karena pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) tentang Strategi Promosi Penanaman Modal Kabupaten Sintang diikuti banyak pihak sehingga diyakini akan mampu memberikan masukan dan saran kepada Pemkab Sintang untuk merumuskan strategi jitu dalam mempromosikan investasi dan penanaman modal.

“Kegiatan focus group discussion secara khusus membahas strategi promosi penanaman modal Kabupaten Sintang. Tujuan dari kegiatan focus group discussion ini adalah sebagai sarana memperoleh input dan masukan dari para stakeholders terhadap strategi promosi penanaman modal kabupaten sintang yang sedang disusun dan sebagai sarana koordinasi para pihak dalam menyelesaikan dokumen strategi promosi penanaman modal Kabupaten Sintang,” kata Erwin Simanjuntak.

Tim Futsal Putra Sintang Berangkat Ikuti Porprov, Santosa : Medali Emas Kita Bawa Pulang

Focus group discussion ini diikuti oleh lebih kurang 50 orang yang terdiri dari asisten, staf ahli, kepala badan, kepala dinas, kepala bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, praktisi dunia usaha, asosiasi dan akademisi.

Menurut Erwim, focus group discussion strategi promosi penanaman modal Kabupaten Sintang ini merupakan salah satu bagian dari tahapan penyusunan dokumen strategi promosi penanaman modal Kabupaten Sintang, dimana dokumen tersebut dikerjakan secara mandiri oleh staf DPMPTSP Kabupaten Sintang mengingat ketersediaan anggaran yang ada. Tahapan lain yang harus dilakukan adalah menghimpun hasil input dan masukan dari para peserta FGD yang pada akhirnya akan melengkapi dokumen strategi promosi.

"Kegiatan hanya dilaksanakan selama satu hari saja, namun kami harap mampu memberikan masukan yang baru dan terlebih bisa kita laksanakan dalam rangka mempromosikan penanaman modal di Kabupaten Sintang," harap Erwin. 

Pentingnya Pemasaran

Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan, Selimin mengatakan pemasaran menjadi senjata penting dalam upaya menarik para pelanggan untuk membangun daerah. Menurutnya, perusahaan swasta menggelontorkan biaya tak sedikit untuk kegiatan promosi sekalipun produknya sudah memimpin pasar atau market leader.

"Setelah pengelolaan pemerintah modern menggunakan pendekatan strategic-entrepreneurship, maka organisasi pemerintah dituntut untuk berlaku bak sebuah kewirausahaan yang peka terhadap peluang, responsif terhadap perubahan dan berorientasi pada hasil” beber Selimin mewakili Sekda Sintang saat membuka pelaksanaan Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Tentang Strategi Promosi Penanaman Modal Kabupaten Sintang Di Aula Hotel New Setia Sintang Jalan Kapiten Kwee Jiu Hoi Pada Selasa, 25 Oktober 2022.

Selimin menilai FGD ini sangat penting karena dalam penyusunan naskah strategi promosi penanaman modal diperlukan pemikiran bersama untuk merumuskan kebijakan, arah dan strategi promosi penanaman modal Kabupaten Sintang ke depan.

Dengan demikian, kata Selimin, dokumen strategi promosi diharapkan dapat menjadi panduan dalam penyelenggaran penanaman modal khususnya promosi investasi Kabupaten Sintang sehingga menjadi dokumen yang dapat mendukung kesuksesan pembangunan daerah ke depan di bidang penanaman modal.

"Pemerintah pun kemudian mewajibkan fungsi promosi dalam organisasi-organisasinya, terutama yang melayani di bidang pariwisata, perdagangan dan penanaman modal. Sektor penanaman modal memegang peranan penting sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi daerah, sekaligus mempercepat kesejahteraan masyarakat. oleh karena itu, perluasan penanaman modal baik penanaman modal dalam negeri maupun penanaman modal asing, menjadi program prioritas pemerintah pada saat ini," ujar Selimin.

Melalui penanaman modal, Selimin menilai akan terjadi penyerapan tenaga kerja yang akan mengurangi jumlah pengangguran terbuka, alih teknologi, meningkatkan eskpor dan devisa negara, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.

"FGD tengang Strategi Promosi Penanaman Modal Kabupaten Sintang ini bertujuan untuk meningkatkan investasi yang ada di Kabupaten Sintang, baik itu PMDN ataupun PMA serta diharapkan dapat menyelaraskan kebutuhan-kebutuhan untuk mencapai target-target di dalam RPJMD demi mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Sintang,” ungkap Selimin.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved