Cara mengisi Tes Psikologi Untuk Perpanjangan SIM? Cek Contoh Soal Psikologi SIM Disini!

Hasil Tes Psikologi nantinya digunakan sebagai syarat untuk memperpanjang SIM bersama dengan KTP, SIM lama dan Surat Keterangan Dokter (SKD).

Tribunpontianak.co.id
Tempat hasil Psikologi SIM-Berikut ini artikel yang berisi tentang Tes Psikologi SIM lengkap dengan contoh-contoh soal yang wajib diisi oleh pemohon untuk dapat mengajukan pembuatan sekaligus perpajang masa berlaku SIM. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Surat Izin Mengemudi ( SIM ) Wajib dimiliki oleh setiap pengguna kendaran bermotor, tak hanya itu perpanjang wajib dilakukan jika masa berlakunya akan habis.

Untuk perpanjang masa berlaku SIM ada syarat yang harus dipenuhi yaitu mengikuti Tes Psikologi.

Hasil Tes Psikologi nantinya digunakan sebagai syarat untukmemperpanjang SIM bersama dengan KTP, SIM lama dan Surat Keterangan Dokter ( SKD ).

Tempat Tes Psikologi ini dapat dilakukan pada lembaga-lembaga/biro psikologi yang sudah ditunjuk dan bekerja sama dengan kepolisian.

Berapa Bayar Buat SIM A dan SIM C? Cek Syarat dan Biaya Perpanjangan SIM Secara Online!

Lantas Apa yang dimaksud Tes Psikologi untuk SIM?

Tes Psikologi SIM adalah salah satu syarat bagi masyarakat yang ingin mengurus surat izin mengemudi ( SIM ), baik itu membuat SIM baru, perpanjangan dan peningkatan SIM.

Adanya Tes Psikologi SIM digunakan sebagai tolak ukur wawasan seseorang dalam berkendara, soal yang harus dijawab juga seputar kegiatan berkendara, seputar ketentuan dan rambu-rambu lalu lintas.

Pada tahun 2012 Polri telah merencanakan untuk melaksanakan tes psikologiSIM untuk setiap pengendara yang mengajukan permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi ( SIM ) baru atau hanya perpanjangan masa berlaku.

Hal ini bertujuan agar penerbitan SIM baru untuk pemohon, perpanjangan maupun peningkatan SIM mempunyai kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun rohani setiap pengguna kendaraan.

Biaya Perpanjang SIM C 2022 Terbaru

Bagaimana cara mengisi soal saat Tes Psikologi SIM?

Mengutip dari laman Korlantas Polri, Rabu 19 Oktober 2022. Cara mengisi Tes Psikologi SIM setiap pemohon akan diberikan kesempatan membaca dan menentukan pilihan ( YA/TIDAK ) untuk pengemudi kendaraan sepeda motor atau pemohon SIM C saat membuat SIM baru terdapat 20 soal yang wajib diisi.

Dilansir dari Korlantas Polri untuk mengisi soal tes Psikologi SIM setiap pemohon diberi waktu kurang dari 20 menit untuk mengisi soal.

Dengan waktu 15 atau 20 menit setiap pemohon harus berkonsentrasi agar pengisian tes Psikologinya tepat waktu.

Biaya yang dikenakan untuk satu kali Tes Psikologi

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved