KPU Kabupaten Sambas Lakukan Verifikasi Faktual Parpol Mulai 15 Oktober 2022

Ketua KPU Kabupaten Sambas Sudarmi mengatakan sebelum verifikasi faktual dilakukan lebih dahulu melakukan rapat koordinasi persiapan verifikasi faktua

Penulis: Imam Maksum | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Tribunpontianak/Imam Maksum
Ketua KPU Kabupaten Sambas Sudarmi saat membuka Rakor verifikasi faktual parpol calon peserta pemilu tahun 2024, di Hotel Pantura Jaya Sambas, Senin 14 Oktober 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - KPU Kabupaten Sambas mulai melakukan verifikasi faktual pengurus dan anggota partai politik calon peserta pemilu serentak tahun 2024. Verifikasi faktual parpol mulai dilaksanakan Sabtu 15 Oktober 2022 besok.

Ketua KPU Kabupaten Sambas Sudarmi mengatakan sebelum verifikasi faktual dilakukan lebih dahulu melakukan rapat koordinasi persiapan verifikasi faktual dengan sejumlah parpol. Upaya itu untuk memitigasi dan mendapatkan masukan dan saran agar menjadi pegangan ketika verifikasi faktual mulai dilakukan. 

"Rakor hari ini, bagian dari upaya kita untuk memitigasi dengan mendapatkan masukan, saran, tanggapan dari kawan-kawan stakeholder terkait dan media juga terutama, yang mudah-mudahan bisa menjadi pegangan atau bisa kita jalankan bersama di tahapan verifikasi faktual nanti," ucap Sudarmi kepada wartawan, Jumat 14 Oktober 2022.

BREAKING NEWS - Majelis Hakim Jatuhkan Pidana Mati Ferianto Kasus Pembunuhan Ayah Kandung di Sambas

Dia menambahkan, rapat koordinasi terutama dengan rekan-rekan partai politik, karena memang di dalam tahapan itu verifikasi faktual jatuh tanggal 15 Oktober 2022, Sabtu besok.

"Untuk per tanggal 14 Oktober 2022 ini KPU RI akan menurunkan data sampel kepada KPU kabupaten untuk dilaksanakan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan yang jadwalnya jatuh pada tanggal 15 Oktober 2022," jelasnya.

Dia berujar, hal-hal yang sifatnya teknis barangkali terjadi kebijakan-kebijakan atau perubahan-perubahan akan diinformasikan kembali. Tetapi normalnya, kata dia, ini bagian dari persiapan KPU kabupaten untuk menyamakan persepsi terkait jadwal.

"Kemudian terkait mekanisme terkait aturan main atau kesiapan-kesiapan kawan-kawan partai politik yang akan kami verifikasi," ucapnya.

Merunut sedikit ke belakang, kata dia, tahapan KPU saat ini sudah melaksanakan verifikasi administrasi. Selanjutnya akan melaksanakan verifikasi faktual dan mempersiapkan data pemilih.

"Verifikasi administrasi selesai, kemudian kita akan mempersiapkan pelaksanaan verifikasi faktual sambil juga tahapan data pemilih ya hari ini ya sudah mulai di tahapannya ya persiapan-persiapan," tuturnya.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved