Lokal Populer

Sinergi Seluruh Pihak Menjaga dan Melestarikan Aset Wisata Alam dan Budaya Danau Sebedang

semua pihak terkait harus bersinergi untuk menjaga dan melestarikan aset wisata alam dan budaya Danau Sebedang

TRIBUNPONTIANAK/IMAM MAKSUM
Objek Wisata Danau Sebedang Desa Sempalai Sebedang Kecamatan Sebawi Kabupaten Sambas, Minggu 6 Maret 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas, Arpandi mengatakan semua pihak terkait harus bersinergi untuk menjaga dan melestarikan aset wisata alam dan budaya Danau Sebedang.

"Untuk jangka pendek semua pihak terkait harus duduk bersama untuk membangun sinergitas dalam rangka menjaga dan melestarikan aset wisata alam dan budaya Danau Sebedang sekaligus sumber air baku yang masih layak untuk diolah oleh PDAM dan didistribusikan ke masyarakat," kata Arpandi, Senin 3 Oktober 2022.

Arpandi mengungkapkan, pastinya untuk saat sekarang ini dengan semakin berkembangnya Pariwisata Danau Sebedang yang dikuatkan dengan Perda No. 5 Tahun 2016 tetang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Sambas yang di dalamnya memasukan Danau Sebedang sebagai Dinasti Wisata Alam.

"Tentu ini perlu harmonisasi dengan Perda No. 17 Tahun 2015 Tentang Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sambas Tahun 2015 -2035 dan Rencana Induk Sistem Penyedian Air Minum (RISPAM) 2015-2035 yang juga menyebutkan bahwa Danau Sebedang juga sebagai sumber air baku," ucapnya.

Upaya Pemkab Sambas Untuk Fasilitasi Tingkat Kunjungan Wisata di Danau Sebedang

Dia menambahkan, terutama dari sisi aspek daya dukung lingkungan. Pada intinya menurut dia, sebagai upaya jangka panjang dengan melihat perkembangan kondisi ekologi perlu dilakukan kajian.

"Jadi intinya untuk jangka panjang dengan melihat perkembangan kondisi ekologi sekarang ini perlu kajian bersama dari berbagai aspek tentang status kelayakan Danau Sebedang sebagai sumber air baku," ujarnya.

Bangun Danau Sebedang

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Paggong Sebedang mengadakan audiensi dan silaturahmi ke PDAM Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas, Selasa 5 April 2022.

Ketua Pokdarwis Paggong Sebedang Ardy Sanjaya mengatakan kolaborasi ini merupakan keselarasan antar dua sektor yang berbeda pokdarwis fokus di sektor pengelolaan wisata serta PDAM di sektor pengelolaan air baku.

Pemkab Sambas Tingkatkan Layanan Pengunjung Danau Sebedang

"Sinergi dan kolaborasi terus dibangun demi kemajuan pariwisata Danau Sebedang. Upaya ini menjadi fokus semua pihak salah satunya," katanya.

Ardy Sanjaya menyampaikan tujuan silaturhami ini untuk menjalin komunikasi dan bersilaturahmi serta mengajak untuk berkolaborasi antara Pokdarwis dengan PDAM Tirta Muare Ulakan upaya membangun kawasan Wisata Alam Danau Sebedang.

"Melalui Program Nasional yaitu Sapta Pesona Wisata, yakni Sapta Pesona memiliki tujuh unsur yang terkandung di dalamnya seperti keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan," ujarnya.

Dia mengatakan Pokdarwis Paggong Sebedang telah melaksanakan program sapta pesona wisata yaitu program kebersihan dan keindahan seperti kegiatan bersih-bersih yang dilakukan setiap bulan membuang sampah, memotong rumput, penimbunan Akses jalan, serta membuang sampah di kawasan Danau Sebedang.

"Pokdarwis saat ini terus berbenah untuk Pengelolaan pada sektor pengelolaan wisata yang utama pada keindahan lingkungan salah satunya juga pada aspek kebersihan," jelasnya.

Kata dia, tentu kami ikut andil untuk menjaga kebersihan air danau, karena air danau atau air baku dikelola oleh PDAM Tirta Muare Ulakan yang digunakan untuk pemasok air minum di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Semparuk, Tebas dan Sebawi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved