Dampak Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I, Sejumlah Makam Muslim di Gang Perintis Direlokasi

Satu di antaranya adalah makam muslim yang terletak di Gang Perintis Jalan Sultan Hamid II Pontianak Selatan tepian sungai Kapuas yang terkena proyek

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD ROKIB
Pekerja tengah melakukan pemasangan seng pagar untuk tempat spanduk pemberitahuan pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I di Jalan Sultan Hamid II Pontianak Kalimantan Barat, Minggu 4 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Derry Gunawan menyampaikan, bahwa terdapat beberapa titik makam muslim di Kota Pontianak yang akan dilakukan relokasi karena terkena proyek pembangunan strategis.

Satu di antaranya adalah makam muslim yang terletak di Gang Perintis Jalan Sultan Hamid II Pontianak Selatan tepian sungai Kapuas yang terkena proyek pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I.

"Ahli warisnya sudah setuju untuk dipindahkan di dekat kawasan itu," ujarnya, Sabtu 1 Oktober 2022.

Dalam satu titik, sedikitnya ia sebutkan kurang lebih terdapat 20 makam.

Dishub Kalbar Perpanjang Pembatasan Operasional Kendaraan Angkutan Barang di Jembatan Kapuas II

Yang kemudian akan dipindahkan ke lahan yang telah dibebaskan oleh Pemerintah Kota Pontianak yang tidak jauh dari tempat itu.

"Akan dipindahkan ke area lahan yang sudah dibebaskan. Jadi makam itu, akan kita relokasi ke lahan yang tidak jauh dengan makam yang ada saat ini yang sekiranya tidak menggangu terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan," katanya.

Saat ini, kata dia untuk pembebasan lahan di lokasi pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I mulai dikerjakan.

"Untuk lahan yang dibebaskan, rumah-rumah warga sudah mulai dibongkar. Jadi tahap awal untuk kontruksinya sudah dimulai," ucapnya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa untuk pembebasan lahan pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I sudah selesai dilaksanakan.

Kemudian untuk makam muslim yang terkena bangunan akan direlokasi.

"Pembebasan lahan untuk pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I Alhamdulillah sudah selesai. Kemudian untuk makam muslim yang terkena bangunan akan direlokasi ke lahan yang sudah kita siapkan sebagai alternatif," ujarnya.

Sejauh ini, untuk tahap pengerjaan duplikasi jembatan Kapuas I tengah mempersiapkan untuk lahan dan pengadaan material agar bisa didatangkan ke lokasi. "Untuk pengamanan lahan di lokasi juga sedang berjalan. Sekaligus menunggu alat untuk pengerjaannya," imbuhnya.

Ia berharap dampak dari pengerjaan pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I ini tidak memperparah kemacetan yang kerap terjadi persimpangan Tanjungpura -Imbon dan Jembatan Kapuas I Jalan Sultan Hamid II.

"Sehingga kita harapkan pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I ini bisa berjalan dengan lancar, baik alat yang menggunakan jalur darat maupun sungai Kapuas," tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved