Lokal Populer

Pagelaran Seni Tari Sebagai Upaya Menjaga dan Melestarikan Seni Budaya di Kayong Utara

Seni tari ini dapat terus berkembang dan memberikan ruang kepada masyarakat, khusunya generasi muda dalam pemajuan daerah bidang seni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/dok. Prokopim Pemda KKU.
Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad hadiri acara lomba penampilan tarian oleh panitia HUT TNI wilayah Kabupaten Kayong Utara, di Istana Rakyat, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Selasa 27 September 2022. TRIBUN PONTIANAK/dok. Prokopim Pemda KKU. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Wakil Bupati Kabupaten Kayong Utara, Effendi Ahmad menilai melalui pagelaran seni tari sebagai upaya menjaga dan melestarikan seni budaya termasuk seni tari.

Melalui hal tersebut, Wabup Effendi berharap seni tari di Kabupaten Kayong Utara dapat terus berkembang dan semakin maju serta menjaga seni budaya ini.

"Seni tari ini dapat terus berkembang dan memberikan ruang kepada masyarakat, khusunya generasi muda dalam pemajuan daerah bidang seni," ucap Wabup Effendi. Kamis 29 September 2022.

Untuk itu, hendaklah secara bersama-sama menjaga dan melestarikan seni tari untuk generasi penerus bangsa.

Disdukcapil Kayong Utara Komitmen Jaga Data Penduduk

Lebih lanjut, Wabup Kayong Utara ini menungkapkan dengan pagelaran seni tari menghargai jasa para pelaku seni dan pecinta budaya asli Indonesia.

“Kita belajar untuk menghargai jasa para pelaku seni, dan pencinta budaya asli bangsa Indonesia sebagai aset kebudayaan nasional yang bernilai luhur,” tukasnya.

Perkembangan Seni Tari

Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad berharap seni tari semakin berkembang dan maju.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad pada Pagelaran Seni Tari pada HUT TNI yang Ke - 77 tahun 2022 yang telah dilaksanakan oleh panitia HUT TNI wilayah Kabupaten Kayong Utara, bersama Forkopimda dan OPD Terkait, serta hadirin di Istana Rakyat Kabupaten Kayong Utara.

Untuk itu, Wabup Effendi menyampaikan bahwa penampilan tarian ini sebagai momentum mengembangkan seni tari.

Pemda Kayong Utara Terima Secara Simbolis Bantuan Beras dari PT CMI

“Seni tari merupakan seni yang kompleks, artinya seni tari tidak dapat berdiri sendiri, kehadiran unsur seni yang lainnya merupakan pendukung dari sebuah pergelaran seni tari,” ujar Wabup Effendi.

Effendi menuturkan, pada momentum rangkaian HUT TNI dilaksanakan lomba penampilan seni tari tersebut.

“Dalam rangka memeriahkan HUT TNI diadakannya pagelaran lima seni tari yaitu Tarian Melayu oleh Sanggar Puan Dare, Tarian Madura oleh Sanggar Bhineka Abinaya, Tarian Bali oleh Sanggar Saraswati, Tarian Dayak oleh Sanggar Dare Tanjung, Tarian Cina oleh Sanggar Mahabodhi Angels,” tambahnya.

Atas hal ini, Wabup Effendi berharap pagelaran seni tari dapat menampilkan unjuk kemampuan, perkembangan dan memajukan seni.

“Ini merupakan ajang untuk menunjukkan kemampuan dalam mengembangkan dan memajukan seni budaya,” pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved