Profil

Profil Shadow Organization, Tim Bayangan Kemendikbud Bentukan Nadiem Makarim yang Kontroversi

Nadiem Makarim menyebut istilah Shadow Organization atau tim bayangan dalam acara United Nations Transforming Education Summit 2022 di Markas Besar PB

Instagram @nadiemmakarim
Mendikbud Nadiem Makarim bicara soal hasil kerja G20 EdWG di rapat United Nations Transforming Education Summit yang diselenggarakan oleh PBB di kota New York pada 22 September 2022. Nama Nadiem Makarim tengah disorot usai mengungkapkan bahwa ada Shadow Organization di tubuh Kemendikbud 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Viral di media sosial baru-baru ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang menyebut ada Shadow Organization dalam Kemendikbud.

Nadiem Makarim menyebut istilah Shadow Organization atau tim bayangan dalam acara United Nations Transforming Education Summit 2022 di Markas Besar PBB.

Founder Gojek itu pun mengatakan bahwa Kemendikbud memiliki 400 orang yang tergabung dalam sebuah tim yang terdiri dari manager produk, insinyur software hingga ilmuan.

Istilah Shadow Organization itupun lantas menjadi pertanyaan netizen apa fungsinya.

Lantas apa sebenarnya maksud dari Shadow Organization ini?

PROFIL dan Biodata Anita Jacoba, Anggota DPR yang Marahi Nadiem Makarim Soal Gaji Guru

Shadow Organization menurut Nadiem Makarim adalah tim yang berisi 400 orang.

Tim tersebut berasal dari GovTech Edu yang dibesut oleh PT Telkom Indonesia.

Namun kata Nadiem Makarim, tim itu tidak dianggap sebagai vendor Kemendikbud.

Melainkan posisi Shadow Organization hampir setara dengan Dirjen sebagai tim kolaborasi.

Nadiem Makarim melanjutkan bahwa Shadow Organization memiliki total 400 manager produk, insinyur perangkat lunak dan ilmuwan yang bekerja sebagai tim yang melekat kepada Kementerian.

Cara kerja Shadow Organization itu adalah melakukan pengecekan serta validasi produk ke para guru di sekolah sesuai arahan Kemendikbud.

Shadow Organization diposisikan sebagai pendukung kebijakan Kemendikbud dalam inovasi produk teknologi.

Kepala Pustadin Kemendikbud Ristek Hasan Chabibie memberikan pernyataan bahwa anggota Shadow Organization adalah para ahli di bidang teknologi, data, dan aplikasi yang bertugas mengembangkan produk di berbagai platform pendidikan.

Apa itu Kurikulum Merdeka yang Digagas Mendikbud Ristek Nadiem Makarim untuk SMA ?

 Para ahli itu dihubungkan langsung dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud Ristek dan unit teknis.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved