Pola Hidup Sehat

Cara Mencegah Ambeien dan Wasir agar Tidak Kambuh Lagi

upayakan untuk BAB sebelum bepergian atau berusalah lebih keras mencari toilet umum saat muncul keinginan BAB ketika Anda jauh dari rumah.

Network Tribunnews
Pencegahan penyakit wasir bisa dilakukan dengan melakukan perubahan gaya hidup agar dapat mengurangi nyeri pada pembuluh darah anus dan sekitarnya 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Aktivitas mengejan saat buang air besar dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah di anus atau rektum, sehingga menyebabkan wasir atau ambeien.

Kondisi ini juga sering dianggap sebagai varises yang berpengaruh pada anus.

Dalam kamus Hemoroid atau wasir adalah pembengkakan vena di dalam anus bagian bawah.

Wasir terbagi menjadi dua jenis, yaitu internal dan eksternal. Pembengkakan pada pembuluh darah yang terjadi di dalam dubur dan tidak bisa dilihat dari luar disebut hemoroid internal.

Apapun jenis hemoroid yang Anda derita, semuanya pasti membuat tidak nyaman. Duduk sakit, gatal-gatal, dan nyeri ketika BAB

BUKAN Ambeien, BAB Berdarah Bisa Jadi Tanda Kanker Usus, Ini Bedanya

Berita baiknya, ada cara yang tidak susah untuk menghentikan hemoroid supaya tidak kambuh lagi. Begini caranya:

1. Perbanyak serat

Serat merupakan bagian penting dari pola makan dan pencernaan yang sehat. Serat membantu Anda mencegah wasir dengan cara yang sama seperti olahraga-yaitu mencegah sembelit.

Konsumsilah sekitar 25 sampai 30 gram serat setiap hari, yang dapat Anda temukan dalam makanan tinggi serat seperti kacang, brokoli, wortel, biji-bijian, dan buah-buahan segar.

2. Perbanyak air putih

Beberapa studi menunjukka bahwa air memiliki peran penting dalam menyehatkan pencernaan. Cukup air dapat membuat saluran pembuangan di tubuh Anda menjadi lunak dan itu artinya mencegah konstipasi.

Menghilangkan Benjolan Ambeien dengan 4 Metode Pengobatan Berikut Secara Medis

3. Jangan menahan BAB

Ketika di luar rumah, kita sering harus menahan keinginan untuk BAB karena alasan tidak ada toilet. Hal ini sebenarnya dapat meningkatkan risiko kekambuhan hemoroid.

Menahan kotoran terlalu lama dapat membuatnya mengeras dan kering di dalam usus dan akhirnya susah untuk dikeluarkan, menurut Cleveland Clinic.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved