Politeknik Negeri Sambas Mewisuda 375 Sarjana dan Ahli Madya

Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) mewisuda 375 wisudawan program D III dan D IV pada Sidang Terbuka Senat.

Penulis: Imam Maksum | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Direktur Politeknik Negeri Sambas, Yuliansyah saat prosesi wisuda Sidang Terbuka Senat, Senin 26 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) mewisuda 375 wisudawan program D III dan D IV pada Sidang Terbuka Senat. Wisuda tersebut merupakan wisuda angkatan ke-12 program D III dan angkatan ke-5 program D IV, di Aula Poltesa, Senin 26 September 2022.

375 wisudawan tersebut tersebar dari 9 prodi dengan rincian D IV TMM 44 orang, D IV Akutansi Keuangan Perusaan 62 orang, D IV Manajemen Bisnis Pariwisata 42 orang, D IV Agro Industri Pangan 33 orang, D IV Agribisnis Perikanan dan Kelautan 16 orang, D IV Teknik Mesin Pertanian 14 orang, D III Agrobisnis 49 orang, D III Manajemen Informatika 75 orang, serta D III Teknik Mesin 40 orang.

Prosesi wisuda juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi. Direktur Poltesa Yuliansyah, mengatakan pihaknya atas nama Civitas Akademika Poltesa bangga dan berbahagia atas diwisudanya sarjana dan ahli madya. Dia berharap para wisudawan berperan dan berkontribusi untuk kemajuan Kalbar.

Mahasiswa Sambas Kawal Kebijakan Pemerintah Terhadap Kenaikan BBM

"Saya merasa bangga dan turut berbahagia, karena di antara kita hari ini telah dilahirkan para sarjana dan ahli madya baru dari Politeknik Negeri Sambas yang siap berperan dan berkontribusi bagi kemajuan Kalimantan Barat," katanya.

Dia menjelaskan, berdasarkan data dari BAKPSI Politeknik Negeri Sambas, jumlah wisudawan-wisudawati Poltesa tahun akademik 2021/2022 sebanyak 375 orang yang tersebar pada 9 prodi.

"Perlu juga kami sampaikan kepada Bapak Gubernur dan para hadirin semua bahwa jumlah mahasiswa aktif Poltesa saat ini sebanyak 2011 mahasiswa. Dan total jumlah alumni kita sebanyak 3347 lulusan dari tahun lulusan pertama sampai lulusan wisudawan hari ini," tuturnya.

Dia menerangkan, perkembangan peminat dan pendaftar Poltesa ini juga menunjukan tren peningkatan yang cukup signifikan. Meskipun tidak merata pada setiap program studi. Berdasarkan data tahun terakhir jumlah pendaftar Poltesa meningkat dari 1224 calon mahasiswa menjadi di angka 1700-an sampai penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022-2023 kemarin.

"Tersebar pada 3 jalur masuk, yakni SNMPTN/SNMPN, SBMPTN/SBMPN dan jalur mandiri. Dengan rasio pendaftar yang masih belum merata karena sebagian besar masih di dominasi oleh beberapa prodi tertentu seperti Akuntansi Keuangan Perusahaan, Teknik Multi media, Manajemen Informatika," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, di sisi lain jumlah sumber daya manusia dosen dan tenaga kependidikan sebanyak 91 Dosen ASN, 79 tenaga kependidikan ASN dan PPNPN. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved