Personel Polres Kubu Raya Amankan Event Robo-robo, Jaga Situasi Aman dan Kondusif

Ada tiga Kecamatan yang melaksanakan event robo-robo, yakni Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Sungai Kakap dan Kecamatan Batu Ampar

Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Personel Polres Kubu Raya ikut serta mengamankan jalannya kegiatan Robo-robo di Kubu Raya, Rabu 21 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Event Robo-robo yang dilakukan di beberapa tempat Kabupaten Kubu Raya mewajibkan hadirnya Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman serta kondusif.

"Ada tiga Kecamatan yang melaksanakan event robo-robo, yakni Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Sungai Kakap dan Kecamatan Batu Ampar," kata Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aipda Ade Surdiansyah.

"Polres Kubu Raya menurunkan puluhan personilnya dalam mengamankan rangkaian ritual/Event budaya robo-robo melalui Polsek wilayah jajaran Polres Kubu Raya," lanjut Ade.

Didalam pelaksanaan event/tradisi robo-robo yang diselenggarakan setiap tahunnya, Polres Kubu Raya akan selalu siap hadir ditengah-tengah masyarakat untuk selalu menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Hal ini karena kegiatan ini mengandung nilai-nilai kearifan lokal, yang sesungguhya dapat diimplementasikan dalam menunjang pembangunan kehidupan sosial masyarakat pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, dan semoga dalam kegiatan ini menjadi nilai wisata bagi Kalimantan Barat Khususnya Kabupaten Kubu Raya," terang Ade.

Baca juga: Kapolres Mempawah Terima Gelar Yang Mulia Jasa Amantubillah Pangeran Anom AKBP Fauzan Sukmawansyah

Selain itu, Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, berharap masyarakat juga membantu dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman serta kondusif selama rangkaian event robo-robo berlangsung.

Sementara itu Bupati Kubu Raya, H. Muda Mahendrawan mengatakan acara tradisi robo-robo ini merupakan warisan peninggalan budaya yang kini menjadi asset budaya yang ada di Kalbar dan memiliki karakteristik yang kuat.

"Budaya Robo-robo ini menjadi salah satu alat pemersatu dalam kehidupan masyarakat di kalbar khususnya masyarakat Kabupaten Kubu Raya, dan makna penting dari tradisi ini untuk memohon keselamatan dan keberkahan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, ungkap," Bupati Kubu Raya saat mengadiri acara robo-robo di Sungai Kakap. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved