Rangkain Ritual Adat Pada Puncak Robo-robo di Mempawah Rabu 21 September 2022

Mohlis menyebut, untuk rangkaian memeriahkan Robo-robo Tahun 2022 juga dilaksanakan selama sebulan yang dipusatkan di Pelabuhan Kuala Mempawah

Penulis: Ramadhan | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Ketua Panitia Pelaksana Robo-robo Mempawah, Mohlis Saka. (Dok. Istimewa) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Ketua Panitia Pelaksana Robo-robo Mempawah, Mohlis Saka, menyampaikan jadwal rangkaian acara Pagelaran Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tradisi Robo-robo Kraton Amantubillah Kerajaan Mempawah Tahun 2022.

Mohlis menyebutkan acara puncak tradisi Robo-robo akan dilaksankan pada Rabu 21 September 2022.

Namun, sebelum acar puncak, ada beberapa rangkaian ritual lainnya yang akan dilaksanakan.

"Sebelum acara puncak ada beberapa rangkaian adat yang dilaksankan oleh pihak kerajaan, yakni pada hari ini Senin 19 September 2022, ada pencucian pusaka kerajaan, dan acara Haul Opu Daeng Manambon," terang Mohlis Saka, Senin 19 September 2022 siang.

Kemudian rangkaian selanjutnya pada Selasa 20 September akan dilaksankan kegiatan ritual lainnya seperti ziarah Akbar makam Raja Mempawah di Sebukit Rama.

Baca juga: Perkumpulan Jurnalis Galaherang Mempawah Ikut Aksi Peduli Lingkungan Bersama LDII

"Untuk besok ada ziarah Akbar makam Raja Mempawah, pelepasan puaka buaya, pengukuhan raja muda dan pangeran patih, Gelar adat Toana yakni di dalamnya ada tari selodang Mayang penyambutan tamu, makam malam, ritual Toana, dan penganugerahan gelar kekerabatan," terangnya.

Selanjutnya pada acara puncak di Rabu 21 September 2022, dilaksanakan ritual adat makan syafar.

"Untuk hari Rabu nantinya di puncak Robo-robo ada makan syafar, gelar adat tradisi Robo-Robo (buang-buang), kirab pusaka Akbar multi etnis Mempawah, membunyikan meriam pusaka, ritual adat buang-buang ke laut, ritual adat tepung tawar kapal nelayan, ramah tamah. Kemudian sorenya ada gelar adat pihak tanah, dan malamnya hiburan musik di halaman Kraton Amantubillah Kerajaan Mempawah," jelas Mohlis.

Mohlis menyebut, untuk rangkaian memeriahkan Robo-robo Tahun 2022 juga dilaksanakan selama sebulan yang dipusatkan di Pelabuhan Regional Kuala Mempawah.

"Kalau untuk rangkaian memeriahkan Robo-robo turut kita laksanakan selama sebulan, sejak 14 September hingga 14 Oktober nantinya, kita isi dengan berbagai kegiatan hiburan malam, dan juga ada beberapa perlombaan serta permainan," terangnya.

"Semoga kegiatan Robo-robo Tahun 2022 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, tidak ada kendala apapun," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved