Cara Urus KK dan Akta Kelahiran dengan Barcode, Berikut Fungsi Kode QR Dokumen Kartu Keluarga

Salah satu digitalisasi dokumen kependudukan yang sudah bisa dinikmati yakni akta kelahiran dan Kartu Keluarga ( KK ) dalam bentuk yang lebih canggih.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Ilustrasi Kartu Keluarga - Artikel ini berisi tata cara merubah dokumen Kartu Keluarga dengan Barcode dilengkapi dengan informasi fungsi kode QR Pada KK dan Akta Kelahiran. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Pengembangan dalam sistem administrasi kependudukan ( adminduk ) merupakan pengembangan yang wajib diikuti oleh pemerintah terkait hal-hal yang menyangkut Pelayanan Publik dan bisa dipadukan dengan sistem digitalisasi.

Salah satu digitalisasi dokumen kependudukan yang sudah bisa dinikmati yakni akta kelahiran dan Kartu Keluarga ( KK ) dalam bentuk yang lebih canggih.

Dengan adanya sistem barcode pada dokumen akta kelahiran dan kartu keluarga akan mempermudah proses legalitas dari kepala kantor instansi pelaksana dimana dokumen tersebut diterbitkan.

Sebelumnya kita mengenal bahwa dokumen Kartu Keluarga diterbitkan dengan sistem barcode akan tetapi kini kode barcode juga terdapat pada dokumen Akta Kelahiran.

Cara Ubah Data Kartu Keluarga Online, Simak Syarat dan Prosesnya Disini!

Nantinya, barcode tersebut jika discan akan terhubung langsung ke situs Dukcapil.

Selain itu, adanya barcode dalam dokumen kependudukan itu mengurangi kerusakan dan hilang.

Bagaimana mengganti dokumen lama menjadi dokumen baru dengan barcode?

Masyarakat bisa mengurus akta kelahiran dan Kartu Keluarga langsung dengan barcode ke kantor Dukcapil.

Jika tidak bisa datang langsung, bisa mengurus secara online di situs resmi yakni www.dukcapil.kemendagri.go.id ( Link ) atau aplikasi yang bisa diunduh di Play Store.

Pembaruan data atau penggantian model dokumen sendiri bersifat gratis atau tidak dikenai biaya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved