Subandio Sepakat Usulan Megawati Soekarnoputri Agar Tidak Ada Perubahan Nomor Urut Setiap Pemilu

"Pertama, tentu dari segi hemat anggaran dari alat peraga seperti bendera, baliho, sticker, papan nama sekretariat parpol, dan lainnya," terang Suband

Penulis: Ramadhan | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/Ramadhan
Ketua Fraksi PKB DPRD Mempawah, Subandio. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Mempawah, Subandio, sepakat dan sangat mendukung usulan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri, agar tidak ada perubahan nomor urut setiap Pemilu.

Diketahui, usulan tersebut pernah disampaikan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri ke KPU saat berjalan bersama dengan komisioner KPU, Bawaslu, dan Presiden, di pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan-RB beberapa waktu yang lalu.

"Pertama, tentu dari segi hemat anggaran dari alat peraga seperti bendera, baliho, sticker, papan nama sekretariat parpol, dan lainnya," terang Subandio kepada Tribun Pontianak, Minggu 18 September 2022.

Sebagai gambaran, lanjut Subandio, dalam Pemilu 2019 biaya publikasi dan sosialisasi yang ditanggung KPU saja mencapai Rp 2,5 triliun.

Ria Norsan Senang Melalui PERKABEM Silaturahmi Perantau Mempawah Tetap Terjaga

Biaya sosialisasi itu belum meliputi beban yang harus ditanggung partai politik maupun calon anggota legislatif.

"Jika tidak ada perubahan nomor urut maka biaya sosialisasi maupun kebutuhan alat peraga kampanye, baik yang ditanggung KPU dan parpol bisa turun signifikan," katanya.

Selanjutnya tambah Subandio, dirinya sangat sepakat perihal tidak ada perubahan nomor urut setiap Pemilu agar masyarakat lebih mudah mengingat dan tidak salah memilih Parpol pilihannya pada setiap pergelaran demokrasi 5 Tahun sekali.

Kemudian dengan hal tersebut lanjut Subandio, sekaligus memudahkan dan meringankan beban pihak penyelenggara KPU RI, Bawaslu RI sampai ke tingkat terbawah (desa).

"Saya rasa usulan ini tidak ada pihak yang dirugikan. Kiranya ini dapat menjadi masukan yang berarti," terangnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved