KTP Digital Mulai di Uji Coba, Berikut Sejarah Perkembangan KTP di Indonesia

Ujicoba terhadap KTP digital disampaikan langsung Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dirjen Dukcapil ) Kemendagri Zudan Arif.

Tangkap layar kanal YouTube Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Zudan Arif Fakrulloh
Ilustrasi e-KTP digital.-Penggunaan KTP berbasis digital kini dalam tahapan ujicoba dan dilaksanakan secara bertahap-Berikut cara membuat KTP. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Saat ini sedang melakukan uji coba terhadap Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) berbasis digital.

KTP digital ini layaknya sebuah aplikasi yang sudah bisa diunduh pada Smartphone

Ujicoba terhadap KTP digital disampaikan langsung Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dirjen Dukcapil ) Kemendagri Zudan Arif.

Zudan mengatakan jika ujicoba terhadap KTP digital in secara bertahap dan terbatas.

"KTP digital bertahap sudah mulai diterapkan. Sekarang dimulai dari pegawai Dukcapil dulu semua," kata Zudan secara tertulis, Rabu 14 September 2022.

Apa itu KTP Digital ? Ketahui Cara Mengaktifkan e-KTP Digital dan Tujuan e-KTP Digital

KTP digital diakses dengan Aplikasi bernama Identitas Kependudukan Digital, Aplikasi ini bisa diunduh dari Google PlayStore pada android.

Zudan menjelaskan uji coba akan diperluas secara bertahap. Setelah ASN, Dukcapil akan melibatkan pelajar hingga mahasiswa. Baru setelah itu aplikasi bisa diakses masyarakat umum.

Dia menyampaikan Dukcapil tetap melayani pencetakan e-KTP saat ini. Namun, Dukcapil juga akan melayani jika ada warga yang hendak memilih KTP digital.

"Memang untuk masyarakat diberi kesempatan juga yang mau ke KTP digital juga dilayani sehingga tidak perlu cetak KTP-el," ujar Zudan.

KTP Digital Kemendagri Masih Dalam Tahapan Uji Coba, Berikut Syarat dan Cara Membuatnya !

Sejarah Perkembangan KTP di Indonesia

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved