Pemilu 2024

Tahapan Pemilu 2024, KPU Umumkan Hasil Verifikasi Administrasi Parpol Lewat SIPOL

KPU juga akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi terhadap 24 Parpol tersebut ke Bawaslu sebagai pengawas pemilihan umum.

kpu.go.id
komisioner KPU-Komisioner KPU menyatakan jika hasil verifikasi administrasi yang telah selesai dilakukan oleh KPU akan disampaikan lewat akun Sipol masing-masing Parpol, tidak hanya itu KPU Juga akan menyampaikan hasil verifikasi tersebut kepada lembaga Bawaslu selaku pengawas penyelenggaraan Pemilu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) RI menyatakan telah merampungkan proses Verifikasi Administrasi  terhadap 24 Partai Politik yang dokumen pendaftaran peserta Pemilu 2024 telah dinyatakan lengkap.

"Tanggal 11 September kemarin KPU RI telah menyelesaikan proses verifikasi administrasi untuk partai politik pendaftar dengan dokumen yang lengkap sebanyak 24 parpol," kata Anggota KPU RI Idham Holik 13 September 2022.

Adapun pada Rabu, 14 September 2022, KPU akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi 24 Parpol melalui akun Sistem Informasi Partai Politik ( Sipol ) masing-masing partai.

"Besok rencananya tanggal 14 September 2022 kami akan menyampaikan verifikasi administrasi ke-24 partai politik melalui akun Sipol. Jadi penyampaiannya lewat akun Sipol," terang Idham.

KPU juga akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi terhadap 24 Parpol tersebut ke Bawaslu sebagai pengawas pemilihan umum.

"Tidak hanya partai politik akan saya sampaikan tapi juga kami sampaikan kepada Bawaslu," ujarnya.

Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Putuskan Sembilan Parpol Tetap Gagal Ikut Pemilu

Idham menjelaskan hasil verifikasi administrasi yang disampaikan lewat Sipol akan memuat soal absah atau tidaknya dokumen yang diserahkan pada saat masa pendaftaran parpol peserta pemilu 2024 kemarin.

Sebagaimana dietahui bahwa pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 14 Desember 2022 mendatang, Idham menambahkan jika KPU sejauh ini telah menyelsaiakan semua proses tahapan pendataran sesuai dengan jadwal dan Tahapan yang benar. 

"Mengenai kelulusan partai politik menjadi peserta pemilu itu ya nanti 14 Desember 2022. Jadi pada hari pada saat ini kami hanya menyampaikan hasil verifikasi administrasi, nah verifikasi administrasi itu ya dokumen yang mereka serahkan itu absah atau tidak absah, memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat seperti itu," jelas Idham.

Sebagai informasi lengkap terkait dengan jadwal dan tahapan Pemilu 2024 Simak uraian berikut ini :

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved