Holding Ultra Mikro Catatkan Kinerja Impresif meski Baru Satu Tahun Dibentuk

Holding UMi dibentuk oleh tiga BUMN, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Penulis: Dwi Nur Hayati | Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Dok. Humas BRI
Pegawai di Sentra Layanan Ultra Mikro (Senyum). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Holding Ultra Mikro (UMi) berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat inklusi keuangan.

Keberhasilan tersebut didapatkan tepat setelah setahun korporasi ini terbentuk pada pertengahan September 2021 lalu.

Untuk diketahui, UMi dibentuk oleh tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Adapun pencapaian Holding UMi tersebut, tercermin dari data jumlah nasabah. Hingga akhir Agustus 2022, tercatat jumlah nasabah yang telah diintegrasikan ketiga entitas Holding UMi mencapai 23,5 juta orang dengan total outstanding pembiayaan sebesar Rp 183,9 triliun.

Pencapaian itu selaras dengan salah satu Agenda prioritas dalam Presidensi Group of Twenty (G20) di Indonesia, yakni inklusi keuangan. Utamanya, terkait teknologi digital dan akses pembiayaan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Disamping itu, BRI berhasil membuat 1,8 juta nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro naik kelas menjadi komersial pada 2021. Dengan capaian ini, BRI diprediksi bisa menaik kelaskan nasabah mencapai 2,2 juta pada 2022.

Tak hanya dari sisi pembiayaan, hingga Agustus 2022, integrasi layanan ketiga entitas atau co-location melalui Gerai Senyum sudah mencapai 1.003 lokasi. Padahal, target awal dari integrasi layanan ini adalah 978 lokasi Gerai Senyum.

Sementara itu, jumlah penabung baru UMi telah mencapai 6,85 juta nasabah. Adapun target awalnya sebanyak 3,3 juta nasabah.

Begitu pula jumlah nasabah PNM Mekaar yang bergabung sebagai Agen BRILink sudah mencapai 40.121 orang.

Terkait kinerja yang impresif itu, Direktur Utama (Dirut) BRI Sunarso mengatakan, tujuan holding yang diinisiasi Kementerian BUMN sejak setahun lalu ini mulai menampakan hasil positif.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved