Info BMKG

PERINGATAN Dini Cuaca Ekstrem Hari Kamis 1 September Besok & Daftar Daerah Dilanda Cuaca Ekstrem

Harap waspada khususnya bagi daerah yang telah mendapatkan peringatan dini dari BMKG tentang cuaca ekstrem.

Editor: Syahroni
VALERY HACHE / AFP
Kilatan petir dalam badai supercell di atas laut Mediterania pada malam 18 Agustus hingga 19 Agustus 2022. Peringatan dii cuaca ekstrem hari Kamis 1 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Peringatan dini dikeluarkan BMKG perihal potensi cuaca ekstrem yang akan terjadi pada sejumlah daerah di Indonesia pada Kamis 1 September 2022.

Melansir dari situs web.meteo.go.id disebutkan adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Harap waspada khususnya bagi daerah yang telah mendapatkan peringatan dini dari BMKG tentang cuaca ekstrem.

Peringatan Dini BMKG Kalbar, Cuaca Pontianak Besok Kamis 1 September 2022 & Cuaca Kayong Utara

Adanya potensi cuaca ekstrem Sirkulasi Siklonik masih berada di Kalimantan Barat dan membentuk daerah konvergensi memanjang di Kalimantan bagian selatan dan dari utara Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi lainnya terpantau di Samudra Hindia barat daya Sumatra, di Aceh, dari Sumatra Barat hingga Riau, dari Sumatra Selatan hingga Samudra Hindia barat Bengkulu, dari Laut Jawa hingga Kep. Bangka Belitung, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat

Dari utara Kalimantan Barat hingga utara Kalimantan Utara, di utara Kalimantan Utara, di Sulawesi bagian tengah, dari Maluku hingga Sulawesi Utara, di Maluku Utara, dari Maluku Utara hingga Samudra Pasifik utara Maluku Utara, di Papua Barat, dan dari Papua Nugini hingga Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah :

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Kep. Riau

• Bengkulu

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved