Perangi Social Engineering, BRI Turut Aktif Ungkap Kejahatan Perbankan

BRI secara aktif berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dalam menyampaikan laporan hingga pelaku berhasil ditangkap.

Penulis: Dwi Nur Hayati | Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Dok. Humas BRI
BRI tindak tegas kejahatan social engineering. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Aparat penegak hukum terus berupaya untuk menumpas serta menangkap pelaku kejahatan social engineering atau yang akrab dikenal dengan istilah soceng.

Ada beberapa jenis kejahatan soceng, salah satunya seperti yang dilakukan oleh tiga terduga penipuan di Bandung, Jawa Barat (Jabar) dan Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Mereka melakukan penipuan dengan mengatasnamakan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Untuk mencegah kembalinya kejadian tersebut, BRI secara aktif berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dalam menyampaikan laporan hingga pelaku berhasil ditangkap.

Perlu diketahui, kejahatan perbankan social engineering merupakan tindak kejahatan yang memanipulasi psikologis korban untuk membocorkan data pribadi dan data perbankan yang bersifat rahasia.

Media yang digunakan pelaku untuk mendekati dan mengelabui korban pun beragam, mulai dari pesan singkat atau chat online, telepon, short message service (SMS), elektronic mail (e-mail), hingga media sosial (medsos).

Pelaku kejahatan social engineering biasanya menggunakan modus informasi perubahan tarif transfer antarbank dari Rp 6.500 per transaksi menjadi Rp 150.000 per bulan untuk menipu korban melalui WhatsApp.

Baca juga: Gaji Pokok Polisi Golongan Pangkat Perwira Terbaru Tahun 2022

Dalam pesan tersebut, pelaku melampirkan tautan dengan mengajak korban untuk mengisi data pribadi dan data perbankan guna membobol rekening.

Dengan mengisi formulir itu, akan membuka kesempatan bagi pelaku penipuan untuk memiliki akses atas rekening korban.

Pesan tersebut dipastikan tidak benar karena memang bukan merupakan kebijakan BRI dan tidak berasal dari sumber informasi resmi yang dimuat bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Ini.

Sebagai langkah sigap, BRI bersama kepolisian setempat juga melakukan analisa bersama tentang alur transaksi dan proaktif mendukung proses pengungkapan kejahatan penipuan hingga proses penangkapan pelaku.

BRI tindak tegas pelaku soceng

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved